by

Patriotisme Untuk Negri

Oleh : Budi Ismanto

Kita masih ingat, ketika isu ketertindasan Palestina digulirkan di Indonesia, beramai-ramai orang menggalang donasi, mulai dari para ustadz, ulama, selebritis, mahasiswa, partai politik, pengusaha, hingga perorangan.Ratusan miliar rupiah dana bisa terkumpul yang konon katanya untuk disalurkan kepada warga Palestina nun jauh disana yang ditindas pemerintah Israel.

Walau sebagian kita mungkin tidak tahu apakah, hasil donasi itu benar-benar sampai ke warga Palestina yang membutuhkannya. Selain menggunakan “isu agama”, sebagian donasi tersebut juga bergerak atas nama “kemanusiaan.”Saat ini, Indonesia negeri kita tercinta, kembali menghadapi satu masalah besar, yakni meledaknya jumlah rakyat yang terpapar virus corona alias Covid-19 dengan berbagai variannya.

Covid-19 tak kenal usia dan status social. Kaya miskin, rakyat biasa dan pejabat, dewasa maupun anak-anak telah menjadi korban. Rumah sakit penuh dengan pasien Covid-19. Setiap hari ratusan orang meregang nyawa karena pandemi ini.Pemerintah, baik pusat maupun di daerah, sudah sekuat tenaga berupaya mengatasi penyebaran Covid-19 hingga penanganan untuk rakyat yang terpapar.

Mencari kambing hitam atas meledaknya kasus Covid-19 di Indonesia, tentu kurang elok, karena itu tidak akan menyelesaikan masalah.Yang bisa kita lakukan sekarang adalah, taati peraturan yang dikeluarkan pemerintah, mulai dari yang paling sederhana yaitu pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan, hingga lakukan vaksinasi.

Kita juga dapat melakukan lebih, yaitu membangun empati, kepedulian terhadap sesama anak bangsa yang menderita akibat hantaman Covid-19. Pandemi ini jelas berdampak buruk bagi mereka yang terpapar baik secara fisik maupun psikis, tapi juga terhadap perekonomian rakyat, terutama rakyat kecil.

Pandemi ini menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan, penghasilan untuk menghidupi dirinya dan keluarganya, bahkan bukan mustahil harus kelaparan karena kesulitan untuk mendapatkannya.

Saatnya kita gelorakan semangat saling membantu, saling menolong terhadap sesama anak bangsa di negeri sendiri. Tak perduli agamanya apa, sukunya dari mana. Jika bangsa lain seperti Palestina bisa mengetuk hati kita, tentu sangat ironis, jika penderitaan bangsa kita sendiri, apalagi yang se agama, yang terdampak Covid-19, tidak membuat nurani kita tergerak untuk membantu meringankan penderitaan mereka.

Saya menantang para ulama, ustadz, tokoh agama, para pendeta, tokoh masyarakat, politikus, para pengusaha, mahasiswa, organisasi masyarakat hingga siapa saja yang saat isu Palestina begitu bersemangat berdonasi, untuk BERGERAK BANGKITKAN JIWA NASIONALISE, PATRIOTISME MEMBANTU KORBAN COVID-19 DI INDONESIA …. Galang donasi untuk bangsa dan negeri sendiri …

Sumber : Status Facebook Budi Ismanto

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed