by

Papua Lebih Sejahtera Dibanding Papua Nugini

Oleh : Lael Hardy

Mari berbicara lagi tentang pentingnya perdamaian dan ketentraman, setelah tulisan sebelumnya didukung video liputan BBC tentang eks kombatan Indonesia yang berperang di Suriah dan ingin membawa ideologi jihadnya, dan apa outputnya? Mereka sendiri yang menyatakan penyesalan dan mahalnya harga perdamaian dan tentram itu.

Kini mari kita buka mata tentang upaya menggerogoti NKRI dari sisi disintegrasi segelintir orang di Irian Jaya yang sekarang bernama Papua, yang kemudian para pengacau perdamaian ini dilabeli teroris oleh Pemerintah. Ditulisan ini, mungkin lebih fair jika kita melihat cita” mereka untuk lepas dari NKRI dengan kita bandingkan dari negara tetangga persis dengan Propinsi Papua, yaitu Negara Papua Nuguni, yang merdeka sejak 1975. Papua Nugini adalah sebuah negara yang kaya sumberdaya alam tapi miskin dan penuh tindak kejahatan, korupsi dan penanganan pemerintahan yang bisa disebut buruk.

Belum lagi pemberontakan separatis bersenjata hingga rendahnya kualitas sumberdaya manusia mereka. Australia yang dulunya adalah negara protektoratnya pun sudah lepas tangan, seperti biasa, negara yang menjadi sanctuary perlindungan kaum berideologi separatis ini hanya ingin memanfaatkan negara” sekitarnya yang bisa mereka habiskan sumberdaya alamnya bagi kepentingan Australia sendiri (contoh nyata adalah Timor Leste), kemudian di lepas kendalinya ke masyarakat lokal kembali dalam keadaan kering, miskin dan bodoh.

Ingin rasanya menulis lebih panjang lagi tentang hal ini, tapi biarlah video liputan Al Jazeera ini bicara dan membuktikan apa yang terjadi di tetangga serumpun Propinsi Papua itu saat ini. Negara yang sudah merdeka sejak 1975 ini tidak pernah beranjak dari kekacauan dan kekerasan, dan bisa dibayangkan bukan jika saudara kita di Papua harus bernasib seperti itu? Sekali lagi, tonton sampai habis videonya dan baca sampai habis tulisan ini supaya tidak gagal paham. Semoga kita semua semakin cerdas dan cinta bangsa dan tanah air serta bersatu untuk maju.-

Sumber : Status facebook Lael Hardy

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed