by

Ide Kreatif-Inovatif Pak Ganjar

Oleh : Arya Hadi Darmawan

Nah saya setuju, semua gubernur dan bupati/walikota mobil dinasnya seperti ini. Setiap hari mobil membawa beras untuk dibagikan kepada warga masyarakat pra sejahtera. Bila ada 500 gubernur/bupati/walikota se Indonesia, membawa setidaknya paket beras 100 kantong @5 kg beras per kantong (harganya Rp 50.000,- per kantong) saja per hari, maka dampaknya bisa luar biasa.

Bisa kita hitung se Indonesia, pada satu hari. Satu hari saja akan ditebarkan 500 × 100 kantong = 50.000 kantong untuk 50.000 KK. Jika dalam sebulan, kegiatan ini dilalukan selama 10 hari saja, maka akan memberi makan 500.000 KK pra sejahtera. Jika 1 KK berisi suami-isteri dan 2 anak, maka setidaknya 500.000 × 4 orang = 2.000.000 jiwa tertolong dalam 10 hari per bulan itu. Dampaknya menjadi berlipat bila, gerakan ini dilakukan setiap hari dalam 30 hari per bulan.

Dampaknya 6.000.000 jiwa warga masyarakat prasejahtera se Indonesia tertolong. Saatnya mindset gubernur/bupati/ walikota mengubah mobil dinasnya dari sedan semisal merk Camry keluaran 2020, atau Alphard terbaru, atau mobil apapun yang terkesan wah, kepada mobil kerja untuk warga seperti ini. Saatnya, mobil bupati/walikota/gubernur berfungsi lebih efektif buat warga, daripada sekedar mobil kelas saloon yang selalu mengundang muka-masam, pada warga yang kurang suka. Bravo pak Ganjar.

Sebarkan beras tiap hari. Buat anggaran taktis seorang gubernur, menebarkan Rp 5 juta sehari untuk membeli 100 kantong beras ukuran @5 kg/kantong bagi rakyat, adalah angka yang sangat kecil. Ide ini layak didukung. Apalagi di masa pandemi. Salam tebarkan beras. Jika warga biasa saja bisa melakukan hal serupa, apalagi gubernur/bupati /walikota pasti mampu bagi-bagi beras.Pesan saya, kepada pak Gub/bupati/walikota, lakukan pembagian beras di pagi hari sambil berangkat ke kantor. Jangan, dilakukan oleh orang lain pak, takutnya “ada yang tercecer” pak.

Sumber : Status Facebook Arya Hadi Darmawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed