by

Khilaf Bila Sedikit, Kemaruk Bila Banyak

Oleh : Mashuri Mashar

Khilaf Jika Sedikit, Kemaruk Jika BanyakTuhan maha besar. Manusia hanya ciptaan. Makanya gampang tergoda. Tanpa terkecuali. Dikit-dikit menjadi bukit, lama-kelamaan muncul eksploitasi.Sejak Timur Tengah kembali memanas, khususnya wilayah di tepi sungai Yordan, warga daring Republik ini juga ikut terdampak. Mulai dari ungkapan keprihatinan, mengecam segala bentuk kekerasan, hingga penggalangan dana untuk korban perang di daerah bekas kekuasaan Turki itu.

Tidak ketinggalan beberapa aksi massa juga terjadi. Jika bukan berpusat di sarana umum, maka kantor-kantor yang erat berhubungan jadi titik kumpul. Panji-panji keagamaan turut serta berkibar di angkasa.Tujuannya satu. Menggalang simpati publik. Lagi-lagi karena Indonesia diklaim sebagai negara muslim terbesar. Dari semua hal yang terjadi di atas, terlintas beberapa pertanyaan mendasar. Apakah konflik disana bisa dipandang sebatas perang agama saja? Bagaimana sebenarnya kondisi internal kedua wilayah tersebut? Apa itu HAMAS, FATAH, dan PLO? Apa kabar Partai Likud di Israel? Apa yang dimaksud dengan Deklarasi Balfour dan Perjanjian Oslo? dan masih banyak lagi.

Sebagai orang awam peta politik Timur Tengah, sangat wajar jika pertanyaan demi pertanyaan muncul kemudian. Karena jenis dari konflik sendiri beragam bentuknya. Sekaligus berhubungan erat dengan apa yang melatari. Bicara soal banyak pertanyaan, dua gambar (tangkapan layar) dibawah juga menarik perhatian. Jika saja kedua gambar ini benar, tentu akan menyusul banyak pertanyaan. Meski tidak sebanyak selisih uang yang terkumpul saat dikurangi dengan yang disumbangkan.

Tapi, pertanyaan tetap pertanyaan. Setidaknya, jual-menjual agama di Negara Kesatuan Republik Indonesia telah merambah pada bentuk dagangan simpati. Jumlahnya juga cukup fantastis, 15,7 M. Semoga jumlah tersebut hanya dalam imajinasi saja. Dan para korban perang (dari negara dan agama apapun) diberi keselamatan serta kesehatan. Amin.Jika selama hidup kita meneladani perbuatan baik sang Budha, maka pastilah kita akan mendapatkan kemuliaan lahir dan bathin. Selamat hari raya Waisak 2565 BE.

Tabik,Disclaimer;Karena banyaknya pesan inbox masuk terkait tulisan ini berikut dibawah ini saya lampirkan link terkait;https://www.portal-islam.id/…/ustadz-adi-hidayat-allahu…https://www.cnnindonesia.com/…/ustaz-adi-hidayat…Silahkan cek sendiri.

Sumber : Status Facebook Mashuri Mashar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed