by

Evakuasi WNI Dari Afganistan

Oleh : Karto Bugel

Tepat pukul 06.00 pagi pesawat Boeing 737-400 milik Skadron Udara 17 take off dari bandara Halim Perdanakusuma. Sebelumnya, briefing ketat membahas SOP, cuaca dan kondisi aerodrome Negara-negara yang akan dilewati telah dibicarakan. Misi ini harus sukses.

Rute Halim-Aceh-Colombo-Karachi-Islamabad dipilih. Menyelamatkan 26 warga negara Indonesia yang terjebak dalam situasi chaos akibat perubahan mendadak atas situasi politik di Afghanistan adalah misi tersebut. Pesawat yang diawaki oleh Letkol Pnb Ludwig Bayu, Mayor Pnb Mulyo, Kapten Pnb Made, Kapten Pnb Prayuda, Lettu Pnb Priandaru, Lettu Pnb Andhika, Lettu Lek Rakapuri, Letda Tek Suparno, Serka Priyan, Serma Sigiet, Serma Riswantoro, Serka Ryan dan Pratu Erwan dilaporkan berhasil mengevakuasi WNI di Afghanistan yang berjumlah 26 orang, di samping 5 warga negara Filipina dan 2 orang warga negara Afghanistan yang merupakan pasangan WNI.

Jangankan bagi WNI yang terjebak dalam situasi yang tidak menentu di Afghanistan yang tentu saja mereka bangga menjadi WNI dengan kehadiran negara untuk melakukan evakuasi pada situasi sangat sulit itu, saya pun yang hanya mendengarnya sangat bangga. Tak banyak negara yang mau dan mampu melakukan hal tersebut. Indonesia dibawah Presiden yang satu ini terbukti sangat peduli pada rakyatnya.

Keselamatan rakyat adalah prioritas ternyata bukan hanya menjadi slogan belaka. Itu beliau buktikan dengan tindakan konkrit.Masalah jaminan keamanan bagi kedutaan Indonesia yang disampaikan oleh pak JK, itu bukan kepastian. Chaos tak kenal janji apalagi bila terkait pelaku adalah Talib*n. Jangankan warga negara Indonesia, saudara mereka sendiri saja tetap dibantai bukan? Terima kasih pak jokowi, bu Menteri Retno Marsudi, TNI dan semua pihak yang telah begitu sigap. Anda semua sungguh luar biasa.. 🙏..RAHAYU.

Sumber : Status Facebook Karto Bugel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed