by

Tuhan Dibully, RG Sesat

Oleh: Ely Yanto

Saya tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan orang termasuk member DDB, tentang bagaimana proses orang dipanggil Ustadz dalam komunitas Islam. Kalo saya jawab sesuai akidah keislaman nanti dikejar lagi, kok bisa muncul Ustadz seperti UAS, Haikal Hassan Baras, Tengku Zulkarnain, Yahya Waloni, Felix siauw dan masih banyak lagi.

Tweet ini mungkin bisa sedikit menjelaskan kenapa gelar yang begitu mulia bisa nempel dan di sematkan ke sembarangan orang, termasuk yang sama sekali tidak memahami kaidah beragama, Islam khususnya.

Bukan kemauan pemerintah dan umat islam secara keseluruhan mereka dapat gelar Ustadz, kecuali memang yang ilmu agama nya baik dan mumpuni meskipun rasis atau radikal. Memposisikan diri menjadi ustadz yang benci pemerintah, radikal dan rasis itu pilihan.

Tapi ustadz ya….. tetap ustadz, karena secara ilmu agama mereka mumpuni. Lain halnya dengan Rocky Gerung, yang sama sekali tidak mendalami ilmu agama dalam arti tidak pernah ” nyantri ” tapi ribuan mungkin jutaan penggemar dan yang meng idolakan dia justru memanggilnya ustadz ( baca tweet penggemar).

Ini yang segera harus disikapi oleh Kemenag jika mungkin ya lembaga MUI, jangan dibiarkan pelecehan terhadap profesi ustadz diumbar dan dibiarkan. Dari tweet Rocky Gerung saja terlihat jelas, Tuhan dihujat karena menciptakan agama. Ilmu agama seperti apa yang diharapkan dari pribadi macam RG.

SERTIFIKASI ustadz harus disegerakan, jangan berwacana terus. Umumkan dan di publish secara masif siapa ustadz yang layak berdakwah dan yang tidak layak, karena masyarakat harus kembali di edukasi.

Tidak bisa lagi sembarangan orang digelari ustadz, dan yang pasti terapkan test wawasan kebangsaan agar setiap ceramah ustaz membawa kesejukan dan menghindari provokasi dan perpecahan umat.

Tidak kalah penting, batasi orang yang tidak punya kompetensi di bidangnya bicara bebas di TV. RG bicara agama dan ibadah haji, jelas bukan kompetensi seorang RG, Paham kan,…. Najwa Shihab?

(Sumber: Facebook Diskusi dengan Babo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed