by

Teori-Teori Prematur dan Apriori Seputar Insiden Tol Cikampek

Ini pelajaran penting: orang yang gugur membersamai Nabi dalam perang saja tidak boleh kita sebut syahid, kecuali yang ditegaskan Nabi sebagai syahid, apalagi orang yang tewas membela tokoh yang tidak maksum, dengan orientasi perjuangan dan basis nilai yang relatif-hipotetis. Kita tidak tahu persis apa yang dilakukan enam orang laskar khusus itu, sebagaimana para sahabat tidak tahu persis apa yang dilakukan sahabat yang gugur itu. Kita tidak bisa menyimpulkan sesuatu yang tidak kita tahu.
Sebagai orang yang tidak hadir dalam kejadian, lebih baik kita menunggu investigasi pihak yang kompeten, yang melibatkan tim independen, daripada mengembangkan teori-teori konyol dan prematur. Kita hanya menduga-duga, kenapa aparat—di era yang sudah sedemikian terbuka, langsung mengambil tindakan tegas dengan menewaskan laskar pengawal MRS. Betulkah laskar itu mempunyai senpi? Jika betul, siapa pemasoknya? Tidak menutup kemungkinan, jika laskar ini punya senpi, dia adalah jaringan teroris yang menyusup ke FPI. Ini mengulang pola lama.
 
Sebagaimana investigasi Solahudin (2011: 247-48), dulu para alumni Afghanistan, yang dikoordinir oleh Ali Imron, membentuk laskar khos (pasukan khusus) dan menyusup ke gerakan buruh dan gerakan Islamis. Mereka bergabung dalam KISDI, yang dipimpin Ahmad Sumargono, dan mendapat proyek untuk mendukung Habibie dalam rangka melawan mahasiswa dan buruh yang menolak pencapresan kembali Habibie sebagai Presiden. Sopir Ahmad Sumargono, Abas, adalah alumni Afghanistan anggota Jamaah Islamiyah (JI). Melalui dia, uang para pendukung Habibie mengalir ke JI.
Sekarang sel JI sudah lumpuh, hampir mati. Sebagian aktivisnya sudah tobat. Yang masih aktif adalah JAD. Pola gerakan JAD lebih spartan dan sporadis. Tidak menutup kemungkinan, JAD membonceng figur Islam yang punya banyak pengikut sebagai sarana untuk melancarkan aksinya melawan aparat. Sekali lagi, ini sekadar dugaan, berdasarkan pola lama. Ttitik terangnya hanya bisa terungkap dengan investigasi oleh tim yang kredibel dan independen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed