by

Joseph Goebbles, Inspirasi Teori Propagandanya dan Islam

Oleh : Nordeen Abdullah

Sedang menyimak penjelasan seorang youtuber tentang pemasangan RCBO, harus berhenti sampai teriakan TOA selesai agar lebih jelas mengikuti penjelasan pemasangan alat ini. Selama beberapa saat berhenti menyimak video youtube, terlintas pertanyaan, “Dari mana menteri propaganda Nazi, Paul Josepth Goebbels, mendapatkan inspirasi teori propagandanya yang terkenal itu?”

Paul Joseph Goebbels (29 Oktober 1897 – 1 Mei 1945) adalah pengikut Hitler dan bergabung Nazi pada tahun 1924. Hitler mengangkatnya Menteri Propaganda Nazi. Sebagai seorang propagandis, Goebbels disegani oleh banyak ilmuwan, bahkan hingga sekarang. Mengapa? Karena ia dianggap sebagai pelopor dan pengembang teknik propaganda modern. Teknik propaganda jitu yang ia kembangkan disebut Argumentum ad nauseam atau lebih dikenal sebagai teknik Big Lie (Kebohongan Besar).

Prinsip dari tekniknya itu adalah menyebarluaskan berita bohong melalui media masa sebanyak mungkin dan sesering mungkin hingga kemudian kebohongan tersebut dianggap sebagai suatu kebenaran. Sederhana namun mematikan .Coba kita perhatikan apa yang dipraktekkan umat Islam sehari-hari. Lima kali sehari meneriakkan beberapa hal mendasar di dalam iman Islam mereka: Allah Maha Besar, tidak Ada tuhan selain Allah, Muhammad utusan Allah, solat lebih baik daripada tidur, dan beberapa hal lain.

Di samping itu, secara individual umat Islam juga mengucapkan berulang-ulang hal-hal tersebut di dalam ritual keagamaannya, solat wajib, solat sunat, dan banyak sekali doa-doa yang mereka ucapkan di dalam dalam berbagai macam ritual dan kegiatan.Hal terpenting di dalam praktek keagamaan umat islam adalah: mengulang sebanyak dan sesering mungkin.

Dan di masyarakat Islam Indonesia sekeras mungkin menggunakan TOA apa yang mereka imani sehingga apa yang mereka imani itu dianggap sebagai kebenaran faktual. Mungkinkah Joseph Goebbels mendapatkan inspirasi teori propagandanya dari praktek keagamaan umat Islam?Wallahu a’lam bishawab.

Sumber : Status Facebook Nordeen Abdullah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed