by

Inilah Calon Menteri Pengganti Sudirman Said

REDAKSIINDONESIA-Isu reshuffle kabinet malam ini makin kencang berhembus. Sedari siang tadi berbagai media telah memberitakan pelarangan para menteri untuk keluar kota. Bahkan Menhan membatalkan agenda membuka acara Konferensi Bela Negara. Selasa (26/7) malam beberapa menteri sudah dipanggil ke Istana Negara. Sebut saja Menteri Perdagangan (Thomas Lembong), MenPAN RB (Yuddy Chrisnandi), Menteri Perindustrian (Saleh Husin), Menteri PPN (Sofyan Djalil) hingga Menteri ESDM Sudirman Said.

Dari berbagai sumber yang layak dipercaya, Sudirman Said akan digantikan oleh Dr Arcandra Tahar nama yang di kalangan publik mungkin belum banyak dikenal namun di dunia internasional sudah cukup disegani. Arcandra saat ini Presiden di Petroneering Houston di Texas. Perusahaan ini bergerak dibidang energi dan minyak. Setidaknya sudah 2 tahun 10 bulan menjabat sebagai Presiden sejak Oktober 2013. Sebelum menjabat sebagai Presiden di Petroneering, Arcandra memiliki posisi sebagai Principal Horton Wison Deepwater Inc sejak Oktober 2009 hingga Oktober 2013. Juga pernah bekerja di AGR Deepwater Development System Inc, di  Hydrodynamics Lead Floa TEC LLC dan berbagai perusahaan internasional lainnya.

Menyelesaikan S1 di Teknik Mesin ITB dan kemudian bekerja di Andersen Consulting  demi memiliki uang agar dapat melanjutkan kualiahnya ke S2 nya di Amerika. Arcandra melihat ada peluang sebab waktu itu PT Timah membuka beasiswa S2 dan pria ini sangat yakin bisa lolos seleksi.

Kuliah S2 di Texas A&M University Amerika diselesaikan dengan baik hingga kembali ke Indonesia malah berniat membenahi PT Timah yang waktu itu kondisinya sekarat. Dengan mempertimbangkan banyak hal, akhirnya dirinya malah melanjutkan S3 di Amerika juga dengan beasiswa. Sejak saat itulah Arcandra melanglang buana di Amerika dan bekerja di berbagai perusahaan internasional.

Meski tinggal di Amerika, kepeduliannya atas tanah kelahirannya sangat tinggi. Dia lah yang berada dibalik negosiasi dan keberhasilan Presiden Joko Widodo menarik kembali dikuasai Indonesia. Artinya eksplorasi harus dilakukan onshore bukan offshore. Pria dengan 2 anak ini memiliki karya fenomenal berupa hak paten tentang desain Offshore di Amerika. Berbagai kalangan bakal terkejut dengan pergantian ini namun yang jelas, salah satu kandidat pengganti menteri ini memiliki prestasi internasional bukan level nasional.

Presiden sendiri menurut orang terdekatnya memberi sanjungan atas masukan Arcandra soal blok Masela. Bahkan pria berpenampilan sederhana ini menjadi teman berbincang presiden terkait sumber daya alam di Indonesia bila sedang berada di Tanah Air.

Reshuffle jilid II ini, nampaknya makin menguatkan kinerja kabinet kerja untuk 3 tahun ke depan. Meski berdasar release pooling Saeful Mujani Research Consulting (SMRC) masyarakat menaruh kepercayaan penuh dan terus meningkat, presiden sendiri memiliki kemauan untuk terus makin baik kinerja aparatnya. Bila demikian, masyarakat akan makin diuntungkan dengan langkah-langkah yang diambil oleh Presiden. Benarkah Arcandra Tahar akan mengganti Sudirman Said? Kita tunggu Rabu (27/7) siang..

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed