by

Fiat Justitia Ruat Caelum

Oleh : Agung Subroto

Selama ada manusia, ada hukum yang berlaku. Dua mata uang yang tak dapat dipisahkan. Tanpa hukum/peraturan/ tata tertib dalam masyarakat, niscaya kedamaian akan tercapai. Karena hukum bersifat mengatur dan memaksa semua elemen dalam masyarakat. Perkembangan hukum disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan perlindungan dalam masyarakat itu sendiri.

Namun, bagaimana jika praktek hukum ini tidak dapat dijaga fungsinya? Bahkan banyak berseliweran para penegak hukum malah berlaku tak pantas dalam menjalankan jabatan dan tugasnya. Ini adalah ironi. Namun apakah pencarian ruh keadilan akan terhenti? Tentu TIDAK. Social cotrol memegang peranan besar dalam menjaga alur hukum. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang demikian canggih, masyarakat dapat teredukasi mengenai hak dan kewajibannya secara cepat . Bahkan suara paling lirihpun, akan menggema dengan lantang jika sudah masuk ke dunia media sosial.

Itu adalah sisi positifnya kebebasan informasi yang sedemikan terbuka. Tentu adapula sisi negatifnya yang tak dapat dicegah, framing berita, hoax, fitnah dan berbagai agitasi juga tak kalah ganas menyebar. Semua sekaan jadi salah pemerintah, salah kebijakan, salah sisdur. Bla…bla…bla… banyak kali sering yang diputar-putar sedemikian massive, akhirnya menimbulkan keyakinan bahwa berita palsu tersebut adalah sebuah kebenaran. Orang tak bertanggung jawab, enteng membuat gaduh, namun yang waras kan tergopoh-gopoh memverifikasi sani-sini. Semua sendi dan sisi kehidupan sudah dapat diakses media.

Tetapi tanpa hati bijak dalam menggunakan nurani dan akal sehat, semua akan menjadi senjata penghancur yang fatal. Siapa yang akan jadi korban? Tentu ekses ini akan menyentuh keutuhan manusia sebagai satu entitas, keberagaman dan pluralisme bangsa yang akan tercabik. Parpol, ormas, komunitas, kelompok, majelis, apapun harus dirancang untuk menjadi besar, yang mustinya harus tetap menjaga nilai kemanusiaan dan solidaritas positif sebagai karunia Tuhan. Meskipun acapkali ditemui dalam kenyataan, bahwa banyak sekali yang semakin besar semakin arogan, namun sebagai elemen masyarakat semoga tidak berhenti menyuarakan kebenaran meskipun langit akan runtuh. *Fiat justitia ruat caellum*

Sumber : Status Facebook Agung Subroto

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed