by

Dra Purnamawati

Saya sih mau kasih tahu buat yang mau bikin cerita biar klop nggak lucu. 
Pertama, Protestan dan Katolik itu biarpun sama sama Kristen tapi punya perbedaan organisasi. Imam Katolik sering disebut Romo, Pastor, Pater, Bapa. Sementara pemimpin ibadat di Protestan disebut Pendeta. Walau memang akhir akhir ini ada sebutan Pastor di Protestan, tapi Pastor Katolik dan Protestan beda. Di Katolik, Pastor hidup selibat, tidak menikah. Istilah ibadat juga ada perbedaan, kalau Misa itu ibadatnya Katolik, di Protestan sering disebut Kebaktian. Organisasinya juga beda. Kalau PGI itu Protestan, sementara kalau KWI itu Katolik. Masih banyak perbedaan istilah yang lain.

Jadi kalau Steven mengaku pernah jadi pastor yang sering mimpin misa, dimana ayahnya petinggi PGI itu sangat aneh. Juga bila Purnamawati bilang mantan biarawati tapi ayah ibunya penginjil fanatik, juga aneh. Penginjil adalah istilah umum di Protestan, sementara biarawati adanya di Katolik. 
Jelas ceritanya sangat lucu. Mbok kalau bikin cerita sejarah itu yang klop gitu lho.

Untuk orang orang yang selibat di Katolik beberapa :
– Pastor/Romo/Pater adalah laki laki yang selibat dan adalah Imam yang boleh memimpin Misa. Sebelum jadi Pastor, akan menjadi Frater terlebih dahulu. Frater adalah calon Pastor.
– Selain Pastor ada juga laki laki selibat tapi bukan Imam yang disebut Bruder. Bruder tidak boleh memimpin Misa. Ibadah yang dipimpin selain Imam tidak disebut Misa. Kalau memang pengen tahu macam macam ibadah nanti saya bahas di lain status.
– Wanita yang selibat disebut Suster. Sama seperti Bruder, Suster tidak bisa memimpin Misa karena bukan Imam. 
– Ada juga awam baik laki maupun perempuan yang selibat karena pilihannya, namun mereka tetap awam bukan klerik.

Baik Pastor maupun Bruder maupun Suster, masuk dalam ordo masing masing.

Gimana, nggak mudah kan bikin hoax mantan biarawan biarawati?
Lagian ngapain sih selalu ngaku mantan biarawan biarawati?

Sumber : Status Facebook Georgius Rudy Jatmiko

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed