by

Belajar dari Ria Ricis

Oleh : Yesi Elsandra

Siapa yang tidak kenal Ria Ricis. Youtuber yang baru saja melepas masa lajangnya. Kini Ria memiliki subscriber lebih dari 28 juta. Menjadikan Ria sebagai youtuber nomor satu di Asia Tenggara menggantikan Atta Halilintar. Penghasilan Ria dari kanal YouTube ditaksir antara 500 juta hingga 10 milyar rupiah perbulan. Dalam sebuah wawancara, Ria Ricis yang bernama asli Ria Yunita, mengatakan, diantara tiga orang kakak beradik dialah yang paling dikhawatirkan masa depannya oleh orang tuanya.

Karena secara akademik Ria tidak pintar. Kakaknya, Oki Setiana Dewi dan Sindy Putri memiliki prestasi akademik yang baik. Menurut Ria, orang tuanya tidak pernah menampakkan kekhawatiran itu kepadanya. Orang tuanya tidak pernah membanding-bandingkan prestasi akademik anak-anaknya. Tidak juga menuntut Ria harus juara seperti kakak-kakaknya. Justru orang tuanya terus memotivasi bakat dan minatnya agar bisa menonjol.

Seorang pakar pendidikan dan psikolog Howard Gardner mengatakan, seseorang tidak bisa hanya dikatakan cerdas dari satu bidang saja. Orang yang rapornya biasa-biasa saja belum tentu tidak cerdas. Menurut Gardner, bukan hanya mereka yang juara di kelas yang dikatakan cerdas. Karena kecerdasan itu majemuk, kecerdasan itu banyak macam jenisnya. Setiap orang bisa cerdas di bidangnya masing-masing. Orang yang tidak bisa matematika atau fisika belum tentu tidak cerdas.

Jadi berhentilah melabeli anak yang secara akademik biasa-biasa saja sebagai anak bodoh. Atau terlalu berlebihan memandang anak yang juara. Sekarang penghasilan Ria lebih banyak dari kakak-kakaknya. Dari beliau para orang tua bisa belajar untuk hanya melihat sisi positif dari anaknya. Lihat lebih dalam apa bakat dan minat anak kita. Dan Fokuslah disitu.Kalau kita ingin mengukur kemampuan ikan dalam memanjat pohon tentu kita akan katakan ikan itu bodoh. Lihatlah kecerdasan ikan bukan dari kemampuannya memanjat, tapi dari berenang. Jadi jangan paksa ia memanjat pohon.

Sumber : Status Facebook Yesi Elsandra

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed