by

Di Bumi Ini Aman Hanya Kalau Ada Toleransi

Oleh : Asrof Husin

Dibumi yang satu ini, hanya bisa aman dan tenang kalau ada toleransi.Harus berlapang dada dan menghargai perbedaan. Hormatilah perbedaan keyakinan. Kedepankanlah toleransi, belajarlah bijak dan bukan menghakimi. Jadilah manusia yg berbudi pekerti dan jangan jadi manusia dgn mengatasnamakan agama tapi berkelakuan keji. Junjung tinggilah toleransi, toleransi sosial, agama dan budaya. Jika tidak ada toleransi, maka tidak akan pernah aman dan tenang.” Toleransi itu penting bagi Indonesia yang majemuk dalam banyak hal. Sebuah bangsa dapat mengalami kehancuran bila toleransi sosial, agama dan budaya tidak mantab “.( KH. Syafi’i Ma’arif ).

Dibumi yang satu ini hanya bisa aman dan tenang jika ada toleransi.Jangan jadikan perbedaan agama untuk saling merusak, menghancurkan.Perbedaan itu ketetapan Tuhan. Perbedaan itu disetujui hukum alam. Perbedaan itu ada agar kita terus menerus berlomba2 dalam kebaikan. Dengan toleransi kita saling tolong menolong, hidup rukun aman tenang berdampingan. Jika tidak ada toleransi, maka tidak akan pernah aman dan tenang.’ Wajah islam Indonesia hari ini sebagian sisinya tercitra begitu negatif, hingga jauh dari nilai sejatinya dari agama damai. Mudah sekali menemukan orang2 yg mengaku islam namun perilakunya kasar dan merasa paling suci. Hal2 baik gagal ditegakan. Islam Indonesia golongan ini hanya terjebak pada simbol2 saja dan menjauh dari esensi ( makna ).( KH. Syafi’i Ma’arif ).

Dibumi yang satu ini, hanya bisa aman dan tenang kalau ada toleransi.Jadilah manusia yg beradab dgn toleransi danJangan menjadi manusia biadab dengan intoleransi.Orang yg toleran bermartabat dan yg intoleran tidak punya martabat.Janganlah merasa yg paling benar.Janganlah merasa yg paling suci.Jika tidak ada toleransi, maka tidak akan pernah aman dan tenang.” Toleransi itu sebenarnya merupakan bagian dari martabat manusia. Makanya kalau kita mau berpikir, orang yg tidak toleran itu tidak punya martabat. Dengan bertoleransi sesungguhnya kita menunjukan jati diri kita sebagai seorang manusia yg memiliki martabat “. ( KH. Syafi’i Ma’arif ).

Dibumi yang satu ini, hanya bisa aman dan tenang kalau ada toleransi. Melihat tempat ibadah agama lain benci, melihat simbol agama, perayaan, kuburan agama lain benci. Kebencian, kekerasan, kebengisan menjadi agama. Jika tidak ada toleransi, maka tidak akan pernah aman dan tenang, ribut terus, berkelahi terus, akhirnya berperang dan banjir darah.

Dibumi yang satu ini, hanya bisa aman dan tenang kalau ada toleransi.Menjadi manusia dengan agama cinta atau menjadi monster agama yg sgt menakutkan, yang menghancurkan.Mari kita jaga Pancasila. Kita rawat Bhinneka Tunggal Ika.Kita beda suku, beda agama, tetapi kita satu Indonesia. Kita tegakkan toleransi beragama.” Mendengarlah dengan telinga yang toleran, melihatlah melalui mata belas kasihan, berbicaralah dengan bahasa cinta “.( Jalaluddin Rumi ).

SALAM DAMAI.

Sumber : Status Facebook ROF SIN.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed