by

Dalam Permusyawaratan Garing Perwakilan

Baku senggol di toilet bandara saja tidak baku tegur. Jalan lurus, leher kaku. Ketika disapa dia jawab : siapa ya Sumardi kah ? Inilah mereka yang kepadanya kita telah berikan perwakilan kita. Suara yang kita berikan kepadanya kembali memantul ke kita dalam bentuk bunyi yang terdengar lebih buruk dari suara kentut.

Apalagi dengan sistem pemilihan kepala daerah serba langsung yang biayanya puluhan milyar. Suara rakyat yang merupakan wujud perwakilan, dianggap sudah dibeli untuk lima tahun kedepan. Hanya pemodal saja yang dalam lima tahun periode berjalan yang harus diperhatikan. Masa bodoh dengan rakyat. Tim sukses pun pada di ditinggal, pada kumlul tiap hari di bawah pohon ketapang. “Calon yang kita dukung menang saja nasib kita susah begini, apalagi kalau calon yang kita dukung kalah,”  ujar Timses

Apalagi anggota dewan. Jalan pakai kacamata hitam. Mobil kaca gelap. Sebagai wakil rakyat, cukup dia yang mewakili pendapatan dan kesejahteraan tunjangan fasilitas. Wakil bernasib mujur, yang diwakili nasibnya tetap terbujur.
Pengertian wakil yang salah.  

Ketelimbeng : Jadi makna  Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan/perwakilan, itu bagaimana Kang ?
Kang Mat : Kalau sila ketiga Persatuan Indoneaia itu sebuah alat atau mesin maka, sila ke empat adalah buku panduannya. Alat dan sistemnya itu untuk mewujudkan motif dan tujuan berbangsa dan bernegara. Sedangkan sila ke lima asalah ranah falsafah praktek dari Falsafah Pancasila. Atau landasan gerak. Besok akan kita bahas tersendiri apa saja yang harus dilakukan.
Mbah Kaesono : Dalam permusyawaratan/perwakilan. Arti garis miring itu apa Kang ?

Ketelimbeng : Garis miring itu artinya rakyat seperti kamu gering Mbah. Jalan sudah miring-miring. Gabung minum bir dengan Gerung. Lhat matanya sayup-sayup mabok filsafat Barat.
Kang Mat : Pemimpin berhikmat memimpin mewakili rakyat Indonesia.
Angkringan Falsafah Pancasila
Sumber : Status Facebook Abdul Munib

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed