by

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Vaksin

Oleh : Nana Padmosaputro

Baiklah. Sepertinya aku harus menulis, supaya nggak ada yang ketakutan menerima vaksin, setelah membaca efek yang terjadi padaku.Jadi begini.Setelah aku bisa mikir (bangun jam 10 pagi ini, otakku sudah separuh ‘nyala’, nggak ngelindur lagi) aku baru browsing-browsing : apa saja sih yang perlu dipersiapkan, sebelum disuntik vaksin?Ternyata, aku tidak melakukan SEMUA syaratnya. Lha goblok kan?

1. Tidur cukup! (Sebelum vaksin, jam 2 pagi aku masih melek, seperti biasa. Jam 06.00 bangun terburu-buru dan nggak sempat sarapan)2. Sarapan. Hindari makanan yang memicu reaksi tubuh seperti kopi, makanan pedas dan asam. (Aku nggak sempat sarapan, cuma sempat nyomot bakso

2 butir, dan malah minum kopi doang! Yang ini : secangkir. Lagipula, aku memang nggak pernah sarapan sih… biasanya makan pertama itu jam 10.00-11.00 siang)

3. Beberapa hari sebelum vaksin, makan makanan bergizi yang mengandung antioksidan, vitamin dan mineral. (Sedangkan aku malah sedang diet, ikut puasa dan hanya makan 1x sehari. Ceritanya OMAD : One Meal A Day)

4. Hindari kondisi stress dan kelelahan. Jangan berolahraga beberapa jam sebelum vaksin. (Nah aku stress karena terburu-buru, takut terlambat. Lalu juga jalan kaki jauuuuh (pake sepatu wedges dengan hak tinggi pula! Goblok akut. Bukannya pakai sepatu kets aja) karena antriannya panjang)

5. Pastikan tekanan darah di angka normal, sebelum diinjeksi. (Aku barusan periksa lembar vaksin, ternyata tekanan darahku (diukur menggunakan alat mereka) adalah 160! Dan ini jauuuh dari angka normalku yang biasanya cuma 109 atau 112. Tapi oleh petugas dinyatakan oke, boleh divaksin karena batasnya adalah 180).

6. Jika punya alergi, sakit diabete atau TBC atau lainnya, pastikan semuanya dalam kondisi terkendali, dan sedang normal.Detailnya, silakan pelajari di link yang kubagikan ini.Nggak usah takut divaksin. Yang penting jaga kondisi badan agar fit. Vaksinku adalah sinovac. Tapi vaksin merek apapun, akan bisa diatasi oleh tubuh yang fit dan prima.Hari ini kondisiku membaik, sudah nggak tepar lagi. Tapi masih belum stabil. Kadang memburuk, eh dalam sejam membaik lagi. Masih aneh lah. Nggak karuan.Belajar dari pengalamanku ya…

https://www.halodoc.com/…/persiapkan-hal-ini-sebelum…

https://health.detik.com/…/catat-berbagai-persiapan…

https://health.detik.com/…/5-persiapan-penting-sebelum…

https://www.google.co.id/…/6-tips-dari-kemenkes-sebelum…

Sumber : Status Facebook Nana Padmosaputro

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed