by

Vaksin untuk Negeri

Bila kita tengok linimasa media sosial saat ini, marak dengan isu pemberian vaksin yang segera dijalankan pemerintah. Sebagian mendorong dilaksanakannya imunisasi begitu vaksin siap digunakan, untuk melawan virus Corona penyebab Covid-19. Sebagian lagi menolak vaksin dengan berbagai alasan. Selain mempertanyakan efektivitasnya, mereka yang menolak vaksin rata-rata termakan propaganda konspirasi, isu vaksin haram dan mempercayai rumor bahwa vaksin semata sebuah proyek bisnis.

Namun maraknya linimasa media sosial menolak vaksin, ternyata bukan cerminan data yang sebenarnya terjadi di masyarakat. Hasil survei yang dilakukan organisasi kesehatan dunia WHO, Unicef dan Kementerian Kesehatan menyatakan sebaliknya. Mereka melakukan survei dengan 132.014 responden dari usia 18 tahun ke atas yang tersebar di Indonesia. Untuk pertanyaan “jika pemerintah Indonesia menyediakan vaksin, apakah Anda dan keluarga akan ikut imunisasi?”, sebanyak 64,81% responden menjawab “ya”.  Sebanyak 27, 60 % responden menjawab tidak tahu. Dan hanya 7,60% yang menjawab tidak mau.

 

Dari mereka yang bersedia ikut imunisasi, bahkan sebanyak 35,08% responden bersedia membayar untuk mendapatkan vaksin. Hal ini menunjukkan bahwa sebagaian besar masyarakat Indonesia telah cerdas. Mereka mau melakukan imunisasi ketika vaksin sudah siap. Mereka tidak termakan propaganda yang rata-rata argumentasinya lemah, dan sama sekali tidak didasarkan pada uji ilmiah. 

 

Presiden Joko Widodo telah berjanji, pemerintah ingin bergerak cepat dalam proses pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Namun, gerak cepat tersebut juga harus dilakukan dengan perencanaan dan persiapan yang matang. Presiden berpesan proses pengadaan vaksin dan tahapannya harus sesuai dengan koridor ilmiah, baik kaidah ilmu pengetahuan, data science, maupun standar kesehatannya. Tahapan-tahapan uji klinis menjadi hal utama yang harus dilewati. 

Maka sudah semestinya, masyarakat Indonesia tidak khawatir tentang vaksin Covid-19. Begitu vaksin siap, kita harus mendukung program imunisasi yang sudah disiapkan pemerintah. Vaksin adalah jawaban untuk pemulihan kesehatan akibat pandemi. Vaksin adalah solusi kita bisa hidup normal kembali. Kehidupan ekonomi bangkit lagi. Anak-anak ke sekolah lagi. Bersama-sama kita kembali membangun negeri. 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed