by

Toleransi Atau Tololisasi?

Oleh : Nyoto Raharjo

Barangkali hanya ada di Indonesia, ada peraturan yang memperbolehkan pengunjung kolam renang memakai pakaian lengkap gombrong beserta jilbab di kepalanya untuk berenang di kolam renang publik. Sarana publik seharusnya mengutamakan kepentingan masyarakat, terutama dibidang kesehatan serta kenyamanan bersama, tidak seharusnya pengelola kolam renang untuk umum maupun di hotel-hotel mentolerir segala tindakan yang mengabaikan kepentingan umum.

Kolam renang adalah sarana untuk berolahraga demi menjaga kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan bagi penggunanya. Hal-hal yang melanggar aturan sudah seharusnya dilarang penggunaannya. Berenang di kolam renang publik, sudah seharusnya memakai pakaian renang sesuai stardart ;

jika ada yang menggunakan pakaian lengkap, misalnya : celana panjang dan hem, gaun panjang, atau bahkan pakaian gombrong lengkap dengan hijabnya, seharusnya segera ditegur dan disuruh keluar dari kolam secepatnya. Biarpun saya belum pernah berkunjung ke negara-negara di Timur Tengah, tapi saya yakin bahwa di negara manapun pasti ada larangan penggunaan pakaian lengkap untuk berenang didalam kolam renang publik.

Jika mau berenang di kolam renang publik, ya pasti ada kewajiban untuk mengenakan pakaian yang telah di desain khusus untuk renang. Di negara manapun, jelas tidak mungkin ada orang berenang di kolam renang untuk umum memakai celana panjang dan hem atau seragam instansi dan seragam sekolah, bahkan rok atau daster, tapi di negara kita banyak kita temui orang berenang memakai pakaian gombrong lengkap dengan jilbabnya.

Jika memang ingin berenang memakai pakaian gombrong lengkap dengan hijabnya, silahkan berenang di laut, danau, atau sungai ; bukan di kolam renang untuk umum. Hal itu dapat terjadi dan marak ditemui disini ; akibat Intoleransi atau Tololisasi .. ???

Sumber : Status Facebook Nyoto Raharjo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed