by

Tidak Boleh Bodoh Dan Miskin

Memang sesederhana itu learning prosesnya ? Bahwa ada tuntutan minimal yang harus dipenuhi iya, apakah itu berarti anak bodoh harus ditinggalkan. Lalu dimana letak sebuah tantangan, kalau pengolahan hanya menghendaki input yang dianggap sudah bagus saja. Ini bukan industri, but human being.

Kekhawatiran diikuti kutukan kualitas pendidikan akan merosot jika raw materialnya tidak qualified hanya berdasar jarak. 
Memang proses eksklusif model kompetisi yang telah berjalan bertahun tahun ini sudah menghasilkan kualitas yang baik ?

Saat ini kualitas pendidikan diIndonesia berada konsisten 10 besar dari bawah, dibanding & dibawah rerata negara lain, pada test standard Internasional macam PISA, TIIMS, untuk math, science, reading,problem solving.

Menurut RISE, kemampuan matematika SD merah total hanya 2.2% yang baik, (2016), diikuti uji kompetensi literasi matemateka pada kelas VIII SMP di DKI dan DIY hanya di 27,2 dari skala 1-100 (2017). Dengan kemampuan kognitif ada di 0 sd 1 (skala 1-6) masuk dalam Low order thinking LOT alias banyak menghafal (2 level paling bawah dalam taxonomy bloom) bukan menganalisa apalagi berkreasi.

Kalau pendidikan hanya mencetak anak yang pintar tetapi egois, tanpa empati kepada anak yang bodoh dan miskin, Ki Hajar Dewantoro dengan ajaran luhur cipta,rasa,karya akan kecewa.

Semoga kita tidak lupa negara ini tidak hanya dibangun oleh orang pintar, kita menikmati kenyamanan dari kerja keras orang yang dianggap bodoh dan miskin, keringat yang bercucuran para kuli bangunan, pembantu rumah tangga, buruh gendong dipasar, buruh pabrik, tukang galian pipa, penyapu jalan,dan orang orang yang tidak beruntung lainnya.

Banyak pembelajaran, perbaikan dan koreksi teknis (sudah pasti), serta hikmah yang bisa diambil dari system baru ini, salah satunya adalah tersingkapnya wajah asli tata sosial yang mengagungkan kastanisasi dan eksklusifitas macam masih hidup diera kolonial.cmiw

Sumber : Status Facebook Eka Rini

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed