by

Tenaga Kerja Asing

Oleh : Gunadi

Dibanding jaman dulu, kemungkinan kebocoran TKA di Indonesia semakin kecil dibanding jaman pelayanan masih manual. Sejak Terbitnya Peraturan Presiden No. 20 Tahun 2018 tentang penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA). Substansi dari perpres ini adalah Konsep “One Single Submission” merupakan skema pelaksanaan teknis dalam hal perijinan penggunaan TKA yang berbasis online.

Sistem ini memanfaatkan teknologi informasi dan mengintegrasikan sistem yang dimiliki oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Kemenkumham dalam melalui Ditjen Imigrasi. Dengan konsep tersebut akan mendorong pelayanan yang efektif dan efesien karena menghindari pertemuan fisik antara petugas dan pemohon serta memangkas waktu proses layanan.Justru di jaman Jokowi ini semua Tenaga Asing yg bekerja di Indonesia terdata dgn lebih akurat dibanding jaman dulu sewaktu pelayanan masih menggunakan sistem manual, yg terputus antara pusat & di daerah2.

Layanan ini didukung dengan aplikasi yang bisa diakses oleh pemohon (pemberi kerja) yang terintegrasi dengan semua fungsi teknis di Kemnaker, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Ditjen Imigrasi, Ditjen AHU dan BKPM. Konsepnya melalui mekanisme permohonan, penerbitan dan pembayaran perizinan pada Kemnaker dengan aplikasi yang terintegrasi dengan Ditjen AHU dalam hal penyajian data perusahaan pemberi kerja dan Kemenkeu dalam hal pembayaran PNBP melalui sisten informasi PNBP online (SIMPONI).

Melalui aplikasi tersebut, pemberi kerja melakukan pembayaran seluruh dokumen keimigrasian yang dibutuhkan calon TKA secara online termasuk Izin Tinggal Terbatas/ ITAS, mengambil dikantor perwakilan RI dan tiba di Indonesia (ditempat pemeriksaan Imigrasi) akan mendapat langsung ITAS setelah mendapat tanda masuk (baca : Evisa, dulu namanya Telex).Kalau semua teknisnya gue jelasin di sini, gue jamin antum ketiduran drun krn saking nggak ngertinya. Kalo kita ketakutan sm kedatangan tenaga asing di Indonesia, mestinya kita kuatir sm kemampuan diri kita krn kalah bersaing di kandang sendiri.

Sumber : Status Facebook Gunadi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed