by

Tanggapan PERSI Atas Tudingan “Cari Untung” Dari Covid

Terhadap keluhan pelayanan, sdr Balqis menuduh RS Wiyung Sejahtera Surbaya bersikukuh menjadi status positif covid-19 terhadap pasien (Ayahnya) meskipun selama 3 minggu hasil swabnya belum keluar. Menurut penjelasan dr Eko Wahyu (Direktur) berdasarkan pemeriksaan laboratorium RS Soetomo swab pasien H (49 tahun) hasilnya positif. Ini diperkuat dengan salinan dokumen hasil pemeriksaan dan ringkasan pulang pasien.

Kepada sdr Balqis atau akun @BalqisRrzq, PERSI meminta secepatnya melakukan pelurusan informasi melalui media sosial dan menyampaikan permintaan maaf kepada RS Wiyung Sejahtera, RS Siloam, RS Mayapada dan Publik atas informasi tidak benar dan menyesatkan yang telah diunggahnya pada tanggal 20 Juli 2020.

PERSI atau pihak Rumah Sakit mempertimbangkan untuk mengambil langkah lanjutan yang dianggap perlu, termasuk upaya hukum, apalagi jika tidak ada itikad baik dan permintaan maaf dari sdr Balqis.

PERSI menghimbau kepada siapa pun atau pihak mana pun agar tidak membuat, memperbanyak dan menyebarluaskan informasi keliru dan palsu/hoaks). Karena selain bersifat menyesatkan, merugikan pasien pelayanan rumah sakit dan masyarakat luas, juga dapat berdampak hukum kepada yang bersangkutan.

PERSI mengucapkan terima kasih kepada Rumah Sakit, tenaga kesehatan dan publik yang menaruh perhatian atas kasus ini dan kasus lain sejenis berikut upayanya memerangi disinformasi dan hoaks kesehatan.

Demikian penjelasan atau klarifikasi yang dapat kami sampaikan sebagai hak jawab dan pelurusan informasi publik. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Ketua Umum PERSI
dr. Kuntjoro Adi Purjanto

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed