by

Surat Terbuka untuk Gibran Rakabuming

 

Oleh: Ryo Kusumo

Dear Gibran,

Surat saya ini sekaligus mewakili hati dan perasaan para haters di dunia maya kepada Anda, Gibran Rakabuming Raka atas sikap Anda sebagai anak penguasa negeri Indonesia Raya tercinta, anak seorang pemimpin bangsa yang teramat besar dan kaya ini. Mumpung 2016 masih berjalan dua hari, semoga surat ini mengingatkan Anda. Surat ini adalah surat yang mewakili kekecewaan para pengusaha katering, para pengusaha martabak, para pengusaha kafe yang merasa tersaingi oleh Anda.

Anda kan anak Presiden, seharusnya Anda lebih cocok ada di deretan pemegang saham BUMN, deretan pemegang saham Indofood, Astra, berkolaborasi dengan pengusaha Singapura, atau tentunya duduk bersama dengan para Emir Kerajaan Arab untuk membahas proyek Petrochemical di Indonesia, dengan saham terbesar adalah trah keluarga Anda.

Anda seharusnya ada di Dubai atau London, membahas bagaimana caranya agar Indonesia bisa membeli minyak dengan harga murah dan dijual kembali dengan harga selangit kepada rakyat. Anda dan istri seharusnya sedang duduk happy-happy dengan Mister Riza Chalid di sana, ketawa-ketiwi, ngewine, yang ujung-ujungnya membuat perusahaan tandingan Petral (Petral jilid II). Ngapain coba Anda memikirkan kombinasi rasa untuk martabak, Marshmallow? Nutella? atau Chocochips? Ah enggak level, kami kecewa!

Saya kecewa karena Anda ternyata tidak tertarik politik, ini kesalahan terbesar Anda sebagai anak Presiden. Bayangkan, untuk menjadi politikus, seorang harus susah payah bayar sana bayar sini, lobi sana, lobi sini sampai bunuh diri. Lah Anda yang mendapat privilese itu malah tidak mau. Apa karena bapak Anda bukan pendiri partai? Ah tak jadi soal, si ibu ketua partai sepertinya mudah saja dilobi, apalagi pamornya naik karena bapak Anda. Apa susahnya buat Anda? Moncong putih harus dikembalikan kejayaannya, ibu ketua partai sudah terlalu sepuh, butuh kaum muda bermental baja seperti Anda.

Tapi … ah … terus terang kami dan kawan-kawan anda yang lain kecewa karena kami sudah membayangkan beragam proyek yang bisa Anda berikan kepada kami. Andaikan saja Anda bisa membagi satu persen RAPBN 2016 dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sebesar 7.9 trilyun maka dengan keuntungan 30% saja, Anda dan kami bisa menikmati keuntungan 23,7 milyar rupiah tanpa harus menguras tenaga. Not bad untuk awal. 

Tidak mungkin kan kita hanya ambil untuk 30%, kalau bisa 100%. Belum lagi dari sektor lainnya, prediksi kasar 300 milyar keuntungan bisa kita peroleh. Tapi sekarang bubar, masak kami mau proyek katering. Nggak lah yau. Surat ini tentunya juga mewakili kekecewaan para jomblowan warga Solo. Bagaimana tidak, Anda telah merengut harapan jomblowan se-seantero Solo untuk memiliki resolusi 2016: “Aku tidak akan jomblo lagi, Selvi tunggulah mas mu!” Sekarang resolusi itu harus mereka kubur dalam-dalam dengan air mata, dan menderita kembali karena status tanpa harapan. Wahai para jomblowan Solo, menangislah sebelum menangis itu dilarang. Apa sih sulitnya anak presiden seperti Anda mendapatkan gadis secantik Mariana Renata atau Nabila Syakieb, semanis Dian Sastro, seseksi Bebie Julius atau bahkan se-hot Nikita Mirzani. Oh ya, banyak juga anak-anak pejabat lain yang siap Anda pinang sebagai konsolidasi politik bapak Anda. Sah? tentu saja sah, apa yang tidak sah di negeri ini kalau yang berbicara kekuasaan dan uang? Tapi Anda malah memilih gadis sederhana yang rumahnya saja harus dipermak total untuk siraman dan midodareni.

Dan kami tambah kecewa karena bapak Anda justru bangga dengan kesederhanaan itu, kami kecewa. Pesan kami untuk Anda di 2016, ambil kursus ’12 Jam Teknik Kumon: Bagaimana Menjadi Anak Presiden’. Banyak guru yang siap mengajari. Ada Bambang Trihatmodjo, belajarlah bagaimana mengelola saham, proyek dan beristri yang cantik jelita nan glamor. Dia adalah kombinasi sempurna sebagai anak Presiden. Ada Tommy Soeharto, belajarlah cara mengelola harta dan syahwat. Ada Ibas, belajarlah bagaimana menjadi politisi dan teknik lobi pasti gol.

2016, jadilah anak Presiden sebenarnya, contohlah mereka-mereka itu yang mulai membangun trah, membangun dinasti kelas kakap di negeri ini. Kami siap mendukungmu, kami ingin cipratanmu. Bukan cuma ketusanmu di media.

Salam haters, [Karena haters juga butuh asupan ‘GIZI’]
 

Sumber: kompasiana

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed