by

Suara Ormas Islam Dalam Pilpres 2019

KE MANA SUARA ORMAS ISLAM?

Suara dua ormas Islam besar NU dan Muhammadiyah seperti biasa berada di dua kubu. Menurut survei Denny JA:
– NU Jokowi 55%, Prabowo 44% (artinya Maruf Amin sebagai cawapres pun tidak mampu menarik gerbong NU)
– Muhammadiyah 50%, Prabowo 49% 
– Alumni 212 Jokowi 4,7%, Prabowo 97% 
– FPI Jokowi 2,4%, Prabowo 97%

Masih menurut Denny JA, pemilih non-muslim memilih Jokowi 82,7% dan Prabowo 17,3% (https://m.katadata.co.id/…/lsi-denny-ja-dukungan-ulama-tak-…). Bahkan kedekatan Prabowo dengan kelompok 212 membuat pemilihnya beralih ke Jokowi.

Jika hasil hitung cepat ini sesuai dengan hasil hitung manual KPU maka menurut saya Pilpres 2019 ini membuktikan: 
1. Memilih ulama sebagai wakil presiden atau mendapat dukungan ulama seperti SOMAD ke Prabowo tidak memberikan kontribusi positif terhadap peta perolehan suara (peta persebaran kemenangan masih sama dengan 2014). Upaya Jokowi merebut suara pemilih Islam dengan menggandeng ulama tidak menjadi faktor yang berpengaruh.

2. Provinsi dengan jumlah non-muslim mayoritas memenangkan Jokowi secara telak seperti Bali 92%, NTT 82%, Sulawesi Utara 76%, Papua 83%, Papua Barat 75%.

3. Pilpres 2024 capres dan cawapres sudah seharusnya sadar, suara non-muslim justru sangat amat signifikan sebagai penentu kemenangan sehingga harus mampu merawat basis massa pemilih minoritas.

Jadi isu agama yang dimainkan kedua kubu dalam Pilpres 2019 itu sebenarnya sia-sia, melelahkan mental dan buang-buang waktu dan energi. Kritik demi kritik yang saya lontarkan selama ini kepada Jokowi karena memainkan sentimen agama dan narasi keberpihakan kepada mayoritas menunjukkan hal itu tidak cukup membawa keuntungan buat Jokowi. Pada dasarnya persentase dukungan pemilih pada capres pilihan tidak berubah dari Pilpres 2014 (lihat visual di bawah). Sayangnya banyak orang tersedot ikut-ikutan mainkan isu agama. Banyak orang Kristen terkuras rasionalitasnya karena termakan pakem mayoritas, padahal kalianlah penentu kemenangan Pemilu di Indonesia.

#Pilpres2019

Sumber : Status Facebook Monique Rijkers

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed