Strategi Kementan Pangkas Rantai Pasokan Pangan

REDAKSIINDONESIA-Panjangnya rantai pasokan pangan di Indonesia membuat berbagai harga komoditas pangan melambung tinggi. Untuk memotong panjangnya rantai distribusi tersebut, Kementerian Pertanian menargetkan 1.000 Toko Tani Indonesia (TTI) di tahun 2016.

TTI merupakan sebuah lembaga yang menampung hasil panen petani dan menyalurkannya langsung kepada masyarakat.

“Ini program berkelanjutan, target tahun ini 1.000 Toko Tani kita bangun. Prinsip penjualannya sedikit kali banyak, untungnya sedikit tapi pembeli banyak dan terus-menerus. Nanti struktur pasar baru dibentuk sehingga petani dan konsumen tersenyum,” terang Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat acara Pasar Murah di Area Car Free Day, Thamrin, Jakarta, Minggu (8/5/2016).

Sedikitnya sudah ada 300 Toko Tani Indonesia (TTI) yang ada di Indonesia. Ratusan TTI tersebut tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

“Ini kita buka seluruh Indonesia bukan hanya Jakarta. Ini sudah buka 300 toko seluruh Indonesia,” ujar Amran.

Namun, kata Amran, efek penurunan harga pangan tidak serta merta dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Kementan masih perlu waktu untuk membenahi struktur dan rantai pasok pangan di Indonesia.

“Nggak bisa singkat, nggak bisa 6 bulan atau 1 tahun untuk bereskan pasar, butuh 3 tahun. Kami yakin terbentuk struktur pasar baru,” imbuh Amran.

Selain dengan membentuk Toko Tani Indonesua (TTI), Kementan juga melakukan beberapa langkah alternatif untuk meningkatkan produksi tani Indonesia seperti melakukan perbaikan irigasi dan fasilitas pertanian lainnya. Sehingga diharapkan harga komoditas pangan pokok bisa ditekan lagi.

“Langkah-langkahnya kita melakukan perbaikan irigasi sehingga produksi naik, benih unggul naik, operasi pasar bertambah, lalu alat mesin pertanian, biaya produksi turun 30% sampai 40% dari seluruh kelompok tani yang kita bina. Sehingga biaya di tingkat konsumen kita bisa tekan,” pungkas Amran.(detik.com)

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *