by

Siapa Ulama Pewaris Nabi?

Oleh : Rof Sin

Kata ulama berasal dari bahasa Arab, bentuk jamak dari kata aalim, yg artinya orang yg berilmu, ulama : orang2 yg memiliki ilmu.Adapun makna sebenarnya dalam bahasa Arab adalah ilmuwan atau peneliti, kemudian arti ulama tsb berubah ketika diserap kedalam bahasa Indonesia, yang maknanya adalah sebagai orang yg ahli dalam ilmu agama Islam.Kata Ustad berasal dari bahasa Persia ( Iran ) klasik, yg dalam bahasa Persia ditulis Istad, yang artinya : pengajar, guru, tuan atau orang tua.

Dinegara India, Pakistan dan Bangladesh kata ustad lebih dikenal sebagai master atau maestro, yaitu orang yg memiliki keahlian khusus tertentu terutama dibidang seni, baik seni sastra atau musik dan umumnya beragama Islam, sedang yg Hindu biasanya disebut Pandit ( Pundit ).Sedangkan dinegara kita Indonesia ustad/ustadzah itu guru agama khusus Islam.Ada banyak ulama yg baik dan ada juga ulama yg jahat, apakah kita sudah berlebihan dalam menghormati ulama/ustad apalagi yg namanya ada kata Habib ?

Saya tidak generalisasi, saya hanya bilang sebagian, bahwa sebagian dari kita memang sudah berlebihan dan melampaui batas dalam menghormati ulama, ustad, apalagi habib. Mereka semua itu manusia biasa yg hanya memiliki keahlian dibidang agama, sama juga dgn dokter, perawat, guru, dll yg mempunyai keahlian ilmu dibidang masing2 . Sebagai sesama manusia kita memang harus saling menghargai dan menghormati tetapi tetap tidak boleh berlebihan dan terhadap ulama/ustad juga tidak boleh berlebihan lalu menganggap mereka orang suci yg tidak pernah salah. Nabi Muhammad SAW sendiri melarang memuji atau menghormati dirinya secara berlebihan dan Allah juga melarang memuji atau menghormati seseorang secara berlebihan.

Menghormati ulama secara berlebihan akhirnya akan menjadi mengkultuskan dan ini yg dilarang oleh Allah, karena bisa berbahaya, Harusnya seorang ulama itu dgn berbesar hati selalu siap menerima kritikan, ulama yg baik itu tidak pernah marah jika dikritik, selalu introspeksi diri dan memperbaiki diri/hati. Ulama yg baik itu tidak sedikit2 sensitif dan tersinggung lalu marah dan berteriak penistaan agama, berteriak2 ulama itu adalah pewaris para nabi dan daging ulama itu beracun, mendengar demikian jemaahnyapun menjadi takut.Benarkah ulama itu pewaris para nabi ?Adapun yg dimaksud pewaris para nabi itu adalah menyampaikan dengan benar, baik dan santun ajaran nabi, menyampaikan mulianya akhlak nabi, menyampaikan keteladanan Budi pekerti nabi.

Lalu bagaimana kedudukan hadis yg sangat terkenal yaitu : Ulama pewaris para nabi ?Dari zaman dulu sampai sekarang ulama silang pendapat ttg hadis ini, ada yg bilang shahih dan ada yg bilang dhaif ( lemah ).Ada beberapa hadis ulama pewaris para nabi dan jika kita mau serius menyelidiki hadis tsb secara keilmuan, kritis dan jujur maka akan ditemukan bahwa semua hadis ulama pewaris para nabi kedudukannya adalah dhaif ( lemah ) dan menurut Bukhari Muslim bahwa hadis dhaif tidak boleh dijadikan hukum.Yang kita nilai dari ulama itu adalah ucapan dan kelakuannya, jika ulama tsb sopan tutur kata, rendah hati, sabar, menyejukan, mendamaikan, menpersatukan, tidak merasa paling benar, menghormati perbedaan, menegakan toleransi beragama, menghormati kepala negaranya, tidak pernah merendahkan perempuan, selalu menyampaikan kebaikan, selalu mencontohkan dan menyampaikan cinta dan kasih kepada sesama tanpa membedakan suku agama dan selalu mencontohkan mengajak kepada jalan kemanusiaan, maka ulama yg seperti ini layak disebut pewaris para nabi.

Jika ulama itu menyebarkan kebencian, hoax, fitnah, memprovokasi, mengadu domba, memecah belah, menghujat mencaci maki merendahkan kepala negaranya, merendahkan kaum perempuan, demo bayaran dgn judul bela agama, benci agama lain, benci tempat ibadah agama lain dan melarang didirikan, merasa paling benar dan menjadi pemilik kunci surga, menyebarkan radikalisme intoleransi dan terorisme, membela ulama teroris yg ditangkap Densus 88 dan menghujat Densus 88, gemar menyebarkan kekerasan, ketakutan dan main hakim sendiri, sangat sensitif dan mudah tersinggung yg sedikit2 berteriak penistaan agama.Maka yg seperti ini sangat pantas disebut pewaris setan. Serigala berjubah agama. SALAM DAMAI.

Sumber : Status Facebook Asrof Husin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed