by

Serius Fadel Muhammad Mau Lawan SMI?

Oleh : Aditya Mahya

Minta Pecat Sri Mulyani, Netizen Malah Buka Utang BLBI Fadel Muhammad…https://beritakaltim.co/minta-pecat-sri-mulyani-netizen…/ Tiba-tiba saja Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad emosional meminta Presiden Joko Widodo mencopot Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan. Warga net pun ikut meradang. Pegiat medsos Denny Siregar memposting sebuah berita media online tentang Fadel yang lagi marah-marah. Lalu Denny menyertai dengan cuitan tanggapan atas berita itu. “Pak Fadel Muhammad, mending fokus aja pak bayar hutang BLBI ke negara Rp 136 milyar. Kalo hutang sudah dibayar, baru boleh marah2 ke bu Sri Mulyani,” tulis Denny Siregar di akun pribadinya https://twitter.com/Dennysiregar7, Rabu (1/12/2021).

Gara-gara postingan Denny, netizen menjadi semakin penasaran kepengen tahu ada apa di balik kemarahan Fadel Muhammad itu. Sebab hubungan pemerintah dengan DPR/MPR dan DPD selama ini tergolong sejuk-sejuk saja. Fadel Muhammad saat diwawancarai Wartawan media online di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/11/2021), dengan gamblang menjelaskan alasannya dia ingin Presiden memecat Sri Mulyani. Salah satu alasannya karena anggaran MPR dipotong Sri Mulyani.Pemotongan anggaran itu dinilai tidak adil oleh Fadel, terlebih jumlah pimpinan MPR sudah mengalami perubahan dari empat menjadi 10 orang di periode ini. “Kami di MPR ini kan pimpinannya 10 orang, dulu cuma empat orang, kemudian 10 orang. Anggaran di MPR ini malah turun, turun terus,” ucap Fadel.

Narasi kekecewaan lain dari Fadel, menyebut Sri Mulyani ingkar janji soal jumlah pelaksanaan kegiatan Empat Pilar. Kemudian Sri Mulyani secara mendadak membatalkan kehadirannya dalam rapat dengan MPR. “Pimpinan MPR rapat dengan Menkeu, kita undang dia, sudah atur waktu semuanya, tiba-tiba dia batalin dua hari kemudian, atur lagi, dia batalin,” ucap Fadel. Lalu apa tanggapan Sri Mulyani terkait ketidak hadirannya dalam undangan rapat dengan pimpinan MPR membahas anggaran MPR yang dikutip dari akun fesbuk Sri Mulyani Indrawati :

1. Undangan dua kali 27/Juli /2021 bersamaan dengan rapat internal Presiden yang harus dihadiri sehingga kehadiran di MPR diwakilkan Wamen. Tanggal 28/September /2021 bersamaan dengan rapat Banggar DPR membahas APBN 2022 dimana kehadiran Menkeu wajib dan sangat penting. Rapat dengan MPR diputuskan ditunda.

2. Mengenai anggaran MPR. Seperti diketahui tahun 2021 Indonesia menghadapi lonjakan Covid-19 akibat varian Delta. Seluruh anggaran KL harus dilakukan refocusing 4 kali, tujuannya adalah untuk : membantu penangan Covid-19 (klaim pasien yang melonjak sangat tinggi, akselerasi vaksinasi, pelaksanaan PPKM di berbagai daerah. Anggaran juga difokuskan membantu rakyat miskin dengan meningkatkan bansos, membantu subsidi upah para pekerja dan membantu UMKM akibat mereka tidak dapat bekerja dengan penerapan PPKM level 4.

3. Anggaran untuk pimpinan MPR dan kegiatan tetap didukung sesuai mekanisme APBN. Menkeu menghormati fungsi dan tugas semua Lembaga Tinggi Negara yang diatur dan ditetapkan peraturan perundang-undangan.

4. Kemenkeu dan Menkeu terus bekerjasama dengan seluruh pihak dalam menangani Dampak Pandemi Covid-19 yang luar biasa bagi masyarakat dan perekonomian.Jakarta, 1 Desember 2021

Tidak kalah serunya, Denny Siregar memposting lagi sebuah berita tentang tokoh-tokoh yang dikejar Sri Mulyani karena utangnya di BLBI. Kemudian Denny mencuit : “Banyak yang marah ke bu Sri Mulyani, juga marah ke Jokowi krn utang2nya ditagih. Biarkan saja mereka2 marah, pokoknya ibu tetap tegar dan semangat, kami dukung 100%, jangan justru yang punya hutang lebih galak dari yang ngutangin.Karena faktanya setelah ditelusuri berita yang dishare Denny Siregar terungkap, memang ada nama Fadel Muhammad dalam listing 21 orang pengutang BLBI. Nama Fadel Muhammad terdapat di nomor urut 12 dengan total jumlah utang yang wajib dibayarkan sebesar Rp136,4 Miliar. Berikut daftar obligor yang masih punya tunggakan BLBI (https://m.bisnis.com/…/satgas-mulai-tagih-obligor-blbi…).

Sumber : Status Facebook Aditya Mahya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed