by

Selebriti Rame-rame Dukung, Ahok Semakin Melaju

Oleh : Suci Handayani

Mantap. Kebiasaan baik dari pejabat negara dengan gampang menular dan ditirukan oleh pejabat negara lainnya. Salah satunya tentang jamuan makan pejabat dengan masyarakat.

Seperti diketahui, salah satu kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang berbagai lapisan masyarakat, baik dari kelompok cendikiawan, netizen, seniman, artis, comedian, hingga tukang ojeg dan sopir, dll. Mereka diajak silaturahmi dan bertukar pikiran sekaligus pada kesempatan itu Jokowi mendengarkan langsung masukan dari masyarakat.

 Kini, Gubernur DKI Jakarta , Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melakukan hal yang sama. Semalam, Selasa (29/3/2016) Ahok mengajak makan malam sejumlah selebritis di rumah dinas Gubernur DKI di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Para selebritis tersebut awalnya minta bertemu dengan Ahok, kemudian Ahok menerima kedatangan mereka dengan acara jamuan makan malam.

Belasan selebritis yang menghadiri jamuan makan malam dengan Ahok antara lain komposer Addie MS dan istrinya Memes, penyanyi dan host Raffi Ahmad yang datang bersama istrinya Nagita Slavina (Gigi), komedian grup lawak Cagur yang juga presenter Denny Cagur, host Gading Marten bersama istrinya penyanyi Gisel, pemain film dan bintang iklan Raline Shah, penyanyi dangdut Julia Peres(Jupe), penyanyi Tika Pangabean, dll.

Makan malam dan bincang-bincang yang berjalan sekitar 3 jam itu di manfaatkan benar oleh sejumlah selebritis yang hadir untuk mengenal Ahok lebih dekat . Seperti yang diberitakan kompas.com, bahkan saking terpesonanya dengan Ahok, artis Jupe sampai tidak berkedip mendengarkan penjelasan Ahok selama makan malam tersebut . Penyanyi Belah Duren tersebut mengaku sudah lama ngefans dengan Ahok tetapi baru bertemu langsung saat makan malam tersebut.

Langkah Ahok Semakin Mulus Menuju Pilgub 2017

Secara terang terangan para selebritis mendukung Ahok untuk mencalonkan diri menjadi gubernur DKI Jakarta tahun depan. Tidak hanya sekedar bicara, mereka juga menyerahkan fotocopy KTP untuk menyatakan dukungannya. Dukungan para selebiritis kepada Ahok, semakin menguatkan kans Ahok untuk terpilih menjadi Gubernur.

Mereka yang notabene para pesohor dunia hiburan yang mempunyai banyak pengemar dan banyak yang mengikuti kebiasaan, menjadi kiblat bagi orang-orang yang mengidolakannya, menjadi magnet yang kuat. Bagaikan gula dan semut, para selebritis adalah gula, sementara fansnya adalah semut. Mereka akan mudah menarik pengemarnya untuk mengikuti pilihan politiknya.Apalagi mereka datang sendiri, ingin ketemu dengan Ahok, bukan Ahok yang mengundang.

Daya tarik Ahok sedemikian besar dan membius para selebirits sehingga meraka sukarela mau mendukung. Sebelumnya sudah ada beberapa selebritis yang memberikan dukungan dengan menyerahkan KTP seperti Sophia Latjuba, Maudy Koesnaedi, Wulan Guritno, Cinta Laura, dll.

Meskipun dari kalangan artis, Ahmad Dhani, yang berniat mencalonkan diri , tetapi para selebritis tersebut lebih memilih memberikan dukungan kepada Ahok. Dukungan dari kalangan selebritis membuka jalan Ahok semakin mulus menuju kursi DKI Jakarta 1.

Tidak mengherankan jika dalam beberapa bulan ke depan sampai mendekati akhir tahun 2016, dukungan dari selebritis akan semakin menguat.

Pandangan Artis terhadap Ahok, Bisa Mempengaruhi Pandangan Masyarakat

Selama ini orang kebanyakan melihat Ahok sosok yang keras, tegas, pemarah, galak bahkan cenderung kasar. Hal itu lumrah karena masyarakat melihat saat Ahok bersikap keras, galak kepada orang-orang, stafnya yang tidak pas. Entah bawahannya berbuat kesalahan saat kerja atau sulit untuk di kasih pengertian sebelumnya.

Selama ini media banyak yang mengeskpos saat Ahok marah, sehingga wajar jika ada penilaian karakter Ahok yang kurang simpatik tersebut. Tetapi, ibarat tak kenal maka tak sayang, para selebiritis mampu membalikkan anggapan masyarakat yang minus tersebut.

Menurut selebritis yang datang saat jamuan makan malam, kesan saat bertemu Ahok jauh berbeda dengan anggapan masyarakat selama ini. Selain Ahok juga jago melucu, karena nyaris sepanjang acara makan malam, mereka juga mendengarkan gurauan Ahok. Mereka juga terkesan dengan sikap Ahok yang pintar, jujur.

Mengutip dari kompas.com, beberapa komentar artis seperti di bawah ini:

 “Kami ngakak terus. Jadi apa-apa yang kelihatan di luar Pak Ahok itu kelihatan galak dan kasar, pas ketemu langsung, secuil pun enggak ada kasar atau keras. Banyak hal yang kita heran, kok dia pikirin, yang halus masalah nurani segala macam,” kata Addie MS. Masih menurut Addie, Ahok tidak hanya pintar, namun juga jujur, berani, dan tegas.

Sementara Tika Panggabean, personel grup Project Pop, mengatakan , “Saya sih impress aja Pak Ahok di balik ketegasannya, hatinya baik buat orang banyak sebetulnya. KTP saya tadi langsung saya kasih ke Pak Ahok malah he-he-he,” kata Tika tertawa.

“Beliau ini pure stand up comedy, tiga jam kita ketawa melulu. Beda banget sama di TV,” kata Jupe yang mengaku tak berhenti menatap Ahok selama pertemuan itu. “Mencari orang yang jujur itu dilihat dari matanya. Kita tadi tatap mata selama tiga jam, enggak berkedip,” ucap Jupe.

Pandangan artis tersebut memberikan keuntungan bagi Ahok, karena mereka mampu memberikan penilaian yang berbeda dengan yang selama ini diketahui masyarakat secara umum. Karakter Ahok yang dinilai kasar, galak, dll sedikit banyak akan luntur karena para selebritis telah membuktikan hal yang berbeda.

 Karakter Ahok yang ‘plus’ tersebut secara tidak langsung akan merubah cara pandang masyarakat , berbeda dari apa yang selama ini diketahui masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang selama ini mengenal Ahok sebagai karakter yang kurang disukai (keras, galak, dll).

Sehingga, bisa jadi masyarakat yang kurang simpati dan mnegecam akan berubah menjadi simpati. Dan tidak heran jika berawal dari simpati, akan tumbuh rasa suka, sayang, nge-fans dan pada akhirnya mendukung Ahok kelak di Pilgub tahun 2017. ** (ak)

Sumber tulisan: kompasiana.com

Sumber foto : kompas.com

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed