by

Selain Rocky, Bu Chusnul Mariyah Juga Fitnah Presiden

Oleh : Karto Bugel

UNTUK SEMENTARA |sebelum negara dapat menemukan pasal yang tepat bagi dua orang ini, kita dapat menghukum mereka dengan sanksi moral. Dua orang berlatar belakang pendidikan baik itu dapat kita tuduh sebagai orang – orang yang TIDAK PUNYA ETIKA.

Keduanya adalah pendidik. Keduanya adalah dosen dimana pada salah satunya tersemat gelar dalam strata tertinggi, profesor.

Repotnya, ketika yang tidak punya etika itu justru adalah orang berpendidikan, mereka pintar bersembunyi. Mereka pintar mencari atau bahkan menciptakan celah untuk bisa berkelit.

Mereka menuduh, mencaci dan menghina sosok dengan cara smart. Mereka paham bagaimana hukum bekerja sekaligus tahu bagaimana mengelolanya.

Dan maka tuduhan hingga hinaannya pada sosok tertentu itu tetap tersampaikan. Luar biasanya, di saat yang sama hukum sulit menjangkaunya.

Rocky Gerung dan prof. Chusnul Ma’riyah misalnya, adalah contoh kasus. Semua orang tahu untuk siapa pesan bersifat tuduhan atau hinaan dari dua orang itu tertuju. Kasar sekaligus tak bermoral dan cenderung provokatif.

Di saat yang sama, mereka juga terlalu sulit untuk diproses secara hukum oleh para pihak yang berkepentingan.

“Jadi?”

Mungkin wadah kesabaran kita saja yang harus kita perluas. Kita perlu mawas diri saja bahwa musim pilpres adalah musim semua kedengkian mendapatkan momentumnya.

Tetap menjaga kewarasan kolektif pikiran kita sebagai satu bangsa adalah keutamaan. Oleh banyak pihak, isu perpecahan adalah sesaat panen sebagai ritual lima tahunan.

Sumber : Status Facebook Karto Bugel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed