SDM Indonesia, Sampai Kapan Kita Bisa Mempertahankan KeIndonesiaan Kita?

Seperti yang pernah saya sampaikan langsung kepada Presiden Jokowi, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia tidak cukup hanya sekedar menjadikan manusia Indonesia menjadi pintar dan piawai menghadapi gempuran perkembangan teknologi (hardskill) namun harus juga menjadikan manusia Indonesia yang nasionalis dan punya karakter manusia yang Pancasilais (softskill). SDM Indonesia yang unggul dan Pancasilais akan membuat kita yakin dan optimis bisa mempertahankan keindonesiaan Indonesia.

Pendidikan agama penting tapi tidak harus membuat manusia Indonesia kehilangan keindonesiaannya. Menjadi Muslim yang baik tidak harus menjadikan manusia Indonesia berperilaku seperti orang Arab. Menjadi Kristen yang taat tidak harus menjadikan umat Kristiani Indonesia menjadi seperti orang Yahudi atau Barat. Menjadi penganut Khonghucu yang baik tidak harus menjadikan manusia Indonesia berperilaku seperti orang China. Demikian juga untuk penganut Hindu, Budha atau aliran kepercayaan.

Agama seyogyanya menjadikan manusia Indonesia semakin memperkuat jadi diri keindonesiaannya. Bukan memperlemah. Salah satu cara menjaga keindonesiaan kita adalah mempertahankan tradisi dan budaya Nusantara. Dan untuk menuju ke arah sana tidak cukup hanya dilakukan oleh orang per orang atau kelompok tertentu. Tapi negara harus hadir menjadi Panglima terdepan untuk memberi panduan dan men’direct’ rakyatnya. Karena negara mempunyai sumber daya dan koneksivitas yang memungkinkan untuk melakukan hal itu. Sekarang tinggal niat baik dari petingggi negara untuk melakukannya.

Pertanyaan untuk petingggi negara sangat sederhana, bukan mampu atau tidak mampu tapi MAU atau TIDAK MAU melakukannya. Kalau tidak mau, kita harus ikhlas menerima kenyataan bahwa beberapa tahun ke depan keindonesiaan kita hanya tinggal kenangan. Dan hal ini merupakan dosa besar yang telah secara sadar kita lakukan kepada “founding fathers” dan anak cucu kita.

Indonesia seperti apa 25 tahun lagi, tergantung apa yang kita lakukan hari ini.

Salam SATU Indonesia,
26012020

Sumber : Status Facebook Rudi S Kamri

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *