Poppy Kelly, Gadis Tionghoa yang Aktif Gemakan Identitas Indonesia

Memang Pilkada DKI Jakarta 2017 dan berlanjut di Pilpres 2019, isu SARA yang menyesatkan ini makin meresahkan warga keturunan, utamanya etnis Tionghoa. Hal ini pun dialami oleh seorang adik yang menjadi sahabat yang luar biasa. Ia tak pernah menuntut banyak dari bangsa ini, kecuali diakui sebagai murni orang Indonesia, karena kecintaannya akan bangsa ini.

Sejak kecil di tanah kelahirannya di Lampung, ia kerap diperlakukan yang tak adil, bahkan kerap mendapat perundungan yang menyakitkan. Nada ledekan kerap ia terima, seperti ucapan ini: “China loleng, makan babi sekaleng, nggak diabisin, ditempeleng.” Sungguh itu bukan perkara mudah baginya, tapi itu tak menghalangi dirinya untuk tetap berjuang bagi negeri kelahiran yang ia cintai.

Ia pernah mencoba menyuarakan lewat jalur politik, tapi ternyata perahu ini lebih pelik penuh intrik yang membuatnya sulit untuk lolos. Akhirnya sesuai bakatnya di dunia tarik suara lah ia kibarkan, walau karirnya lebih mudah ia lakukan di Malaysia. Tak sampai disitu, iapun merambah dunia fashion dan berbagai ajang ratu kecantikan di dalam dan luar negeri.

Dimulai dari Miss Indonesia, yang terpilih sebagai Miss Congeniality, lalu berbagai kegiatan yang membawa nama baik Indonesia, dan yang terakhir terpilih sebagai ’Mrs Most Glamorous’ di ajang ’Mrs. Millennium Universe 2019’ yang berlangsung di Kuala Lumpur Malaysia, pada bulan Mei lalu, yang diikuti wakil dari seluruh dunia.

Adalah Poppy Kelly perempuan keturunan Tionghoa yang kini berkarir di Malaysia dan Amerika untuk mempermudah mengembangkan semua aktifitasnya tanpa dihalangi isu SARA yang membuatnya traumatik. Tak berada di Indonesia, bukan membuatnya lalu berubah sikap. Ia tetap selalu bangga membawa identitas Indonesia.

“Poppy, engkau tetap sahabat Tionghoaku yang luar biasa, dan engkau tetap Indonesia dimana pun engkau berada. Betapa pun beratnya perjalanan ini, apa yang engkau lakukan tidak ada yang sia-sia, karena Indonesia ikut bangga”

(Sumber: facebook Wahyu Sutono)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *