Perusahaan AS Akan Tanam Modal Kelistrikan 1 Miliar USD

Redaksi Indonesia – Salah satu hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat  adalah  penanaman modal perusahaan  Paman Sam  di bidang kelistrikan.

Seperti yang disampaikan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)  bahwa  perusahaan Amerika Serikat berminat menanamkan modal ke Indonesia di sektor kelistrikan sebesar 1 miliar dolar AS.

Deputi Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis,  mengatakan investasi tersebut akan diberikan dalam jangka waktu lima tahun mendatang.

“Nilai investasi 1 miliar dolar AS tersebut akan ditempatkan tidak hanya di bidang pembangkit listrik, tetapi juga akan ditempatkan di sektor kesehatan dan sektor migas,” kata Azhar menambahkan investor tersebut merupakan salah satu pionir di AS dalam sektor pembangkitan tenaga listrik, hal itu dinyatakan dalam keterangan pers, di Jakarta, Kamis (29/20/2105).

Selain di sektor kelistrikan, Kepala BKPM Franky Sibarani menuturkan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan salah satu perusahaan AS yang bergerak di bidang farmasi.

Perusahaan tersebut menyampaikan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia dengan membangun fasilitas riset dan pengembangan (research and development).
 “Ini kami apresiasi positif dan telah diidentifikasi sebagai suatu minat yang harus dikawal oleh Marketing Officer Amerika Eropa serta Indonesian Investment Promotion Center (IIPC) New York,” katanya.

Fasilitas riset dan pengembangan dipastikan membutuhkan modal besar sehingga ada beberapa hal yang jadi perhatian dalam investasinya.  “Untuk industri farmasi memang disarankan untuk memiliki fasilitas riset dan pengembangan apabila ingin masuk ke pasar IndonesIa,” katanya.

Sebelumnya, BKPM juga mencatat minat investasi AS di sektor ekonomi kreatif senilai 40 juta dolar AS.(Antara)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *