by

Pertama Di Indonesia, Bayar Bus Pakai Sampah Plastik

Adapun pada bagian belakang bus, warna bangku oranye, diperuntukkan bagi laki-laki. Pemisahan area itu untuk meminimalisasi tindak pelecehan seksual di dalam bus. Terkait teknologi, bus ini terbilang canggih. Suroboyo Bus dilengkapi sembilan kamera pengintai di setiap sudut pada bagian dalam bus dan tiga kamera pada bagian luar.

Keberadaan CCTV ini untuk memberikan rasa aman bagi para penumpang. Di samping itu, pintu bus juga dilengkapi sensor, sehingga bila ada penumpang yang menghalangi, pintu tak akan tertutup. Selama pintu belum tertutup, bus tidak dapat berjalan. Untuk keadaan darurat, bus berukuran lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter tersebut sudah dilengkapi dengan sistem tombol panik. Bila ada kondisi kebakaran atau kecelakaan, pengemudi bus dapat menekan tombol itu, maka alarm akan berbunyi dan pintu bus akan terbuka otomatis.

Bus ini diproyeksikan menjadi angkutan pendukung angkutan massal cepat trem dan LRT. Kedepannya Suroboyo Bus diharapkan mampu mengurangi beban volume kendaraan di jalan, apalagi bus ini bisa dibilang antimacet karena telah terintegrasi dengan sistem pengaturan lampu pengatur lalu lintas, yang otomatis akan berubah menjadi hijau jika bus ini melintas.

Terima kasih Bu Risma
Suroboyo pancen keren rek..

Sumber : Status Facebook Wahyu Sutono

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed