by

Peringatan 113 Tahun Kebangkitan Nasional

Oleh : Bintang Prabowo

Momen awal gerakan ini ditandai dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.. ironisnya, Boedi Oetomo adalah buah dari Ethische Politiek (Politik Etis/ Politik Balas Budi) oleh pemerintah Hindia Belanda, yang merasa berhutang budi pada Indonesia yang mereka serap sumber daya alam dan saripati manusianya sekian lama..Pemerintah Hindia Belanda lalu memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat Indonesia, salah satunya dalam hal pendidikan.. termasuk untuk belajar, sekolah, berserikat, dan berkumpul/berorganisasi dalam suatu pergerakan..

Sejarah mencatat, berdirinya Boedi Oetomo (1908) kemudian segera berlanjut menjadi Sumpah Pemuda (1928), dan bermuara di Kemerdekaan NKRI (1945).. hanya berselang 37 tahun saja.. tentu plus jasa baik Jepang yang mengusir Belanda keluar Indonesia, Amerika yang menjatuhkan bom atom ke Jepang, pasukan Sekutu yang telat masuk Indonesia, dan atas berkat rahmat Tuhan yang Maha Esa..

Oh, iya, dan bambu runcing, jangan lupa..ekskalasi yang luar biasa, mengingat bahwa sebelum 1908, kita dijajah lebih dari 300 tahun tanpa kemajuan berarti, padahal katanya kita punya segala kesaktian ilmu santet, debus, teluh, ngeyel, dan mbanggel.. hal ini menunjukkan bahwa pendidikan itu penting dan bisa membawa kita ke takdir yang lebih besar.. saat ini, tidak semua orang yang sekolah dan kuliah itu terdidik.. sebagian mereka tidak memandang pendidikan sebagai hak mendasar yang patut diperjuangkan dan dirayakan..

Beberapa di antaranya hanya mampir secara administratif sekolah dengan perasaan malas dan terpaksa, hanya untuk mendapatkan selembar ijazah.. atau menyenangkan orang tua.. atau calon mertua..padahal sejatinya, pendidikan itu bukanlah apa yang dimasukkan ke telinga kiri lalu menguap dari telinga kanan.. pendidikan adalah apa yang kemudian masih tersisa di kepala setelah seseorang bertahun-tahun dinyatakan lulus dari sekolahnya.. maksudnya otak ya, bukan ketombe..

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed