by

Penganut Faham Jonruisme

Oleh: Vladi GSS
 

Faham ini mulai berkembang di kalangan Kampreters saat menjelang Pilpres 2014 lalu, terlebih di Jawa Barat dan Sumatera Barat. Andai nama Irian Barat tidak diganti jadi Irian Jaya (kini Papua) bisa jadi terkena virusnya. Bahkan Jerman Barat sekalipun bila tidak keburu bersatu akan terkena juga. Pokoknya yang barat-barat deh. tongue emotikon

Ciri-ciri utama para penganut faham jonruisme adalah sebagai berikut:

1. Selalu menebar kebencian, kedengkian serta berbagai fitnah yang ia akui sebagai bagian dari “dakwah”.

2. Senang membuat “meme” yang isinya menghina lawan-lawan politiknya tanpa dasar, terutama yang berhubungan dengan Jokowi & Ahok.

3. Suka edit foto untuk memutarbalikkan fakta, atau menilai hasil fotografi dengan cara yang sangat subyektif.

4. Senang mengomentari siapapun dengan opini yang kabur dan negatif, namun bila disanggah selalu ngeles atau mengeluarkan dalil yang nggak nyambung dengan inti bahasan.

5. Melakukan penyebaran berita bohong tentang kehebatan dan prestasi para pimpinannya yang sama sekali tidak ada buktinya.

6. Gaya bicaranya suka menyelipkan kosa kata Arab, walau ala kadarnya, karena umumnya nggak bisa bahasa Arab, bahkan bahasa Indonesianyapun belepotan.

7. Kalau unggah status, kesannya paling Islam, padahal ketika ditanya makna dan tujuannya, ngelantur jawabannya.

8. Terlalu mudah menyebut kata kafir, JIL, syiah, liberal, sekuler atau antek pihak tertentu saat menyudutkan pihak diluar pengikutnya.

9. Yang aneh mereka lebih memuja Palestina, Mesir dan Turki, ketimbang negaranya sendiri, padahal belum pernah kesana dan tidak tau apa-apa tentang negara yang mereka puja.

10. Membabi buta membela kelompok dan pimpinannya, kendati telah terbukti melakukan kesalahan fatal seperti halnya korupsi, dengan argumen dangkal yakni konspirasi.

11. Dalam keseharian bersikap jaim, eksklusif, seolah dirinya paling Islam dan paling mengerti Islam, tapi nyatanya baca Al Qur’an saja belum becus.

Semoga mereka segera diberikan HidayahNya… Aamiin

(Sumber: Facebook)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed