Pendidikan Dasar

Sosialisasi dengan manusia, interaksi dengan alam perlu konsepsi dasar, world view dan paradigma yang baik. Apa hakekat hidup itu, apa makna kehidupan, nilai eksistensi manusia dan makhluk lain dengan segala keanekaragamannya, serta betapa pentingnya menjunjung nilai dan keindahan eksistensialistik itu. Kemudian tentang hukum yang mengatur relasi antar manusia (beserta kelembutan dan ‘kekerasan’ di dalamnya).
Tanpa itu semua, orang akan tumbuh menjadi orang yang eksploitatif dan menghalalkan segala cara untuk hidup.

Bagaimana seni? Menurut saya, seni merupakan buah dari semua hal di atas.

Udah, saya rasa cukup itu. Nah, untuk membangun itu sebagai fondasi yang tertanam kuat, maka ‘melakukan langsung’ diberi porsi lebih dibanding buku teks.

Saya membayangkan isi pendidikan sekolah dasar itu seperti itu. Dan sesungguhnya itulah yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya melalui role modelling dan pengajaran, bukan sepenuhnya pasrah bongkokan pada sekolah. Relasi hati dan berkah orang tua – anak lebih besar dan kuat.

Waktu-waktu ini… adalah momen yang tepat untuk melakukan dan membenahi itu. Kita tidak mencetak manusia super karena sesungguhnya menjadi manusia itu super.

Sumber : Status Facebook Alim,

 

 
 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *