by

Pencegahan Korupsi : Jokowi VS Prabowo

Kita semua tahu M Nazaruddin, terpidana kasus korupsi dari Partai Demokrat? Ia adalah anak dari keluarga yang sangat kaya raya di Riau sana. Keluarganya memiliki lahan sawit yang luasnya sulit dicerna. Ibarat ia sudah menjadi pangeran, tinggal ongkang-ongkang kaki tiap pagi pun, hidupnya sudah berkelimpahan. Tetapi ia memilih jalan keserakahan, tak cukup dengan hartanya, ia ingin harta yang lain, sekaligus mencari ketokohan. Dalam waktu singkat, ia menapaki jalan menjadi salah satu tokoh sentral dalam partai, dan dalam waktu singkat pula, korupsi yang dilakukannya mengantarkannya ke penjara.

Dan saya rasa ada banyak napi korupsi lain yang juga berasal dari kalangan yang sudah cukup kaya. Karena korupsi by greed itu yang lebih massif ketimbang korupsi by need.

Kembali ke Pak Jokowi, sebenarnya beliau cukup sukses membangun sistem di Solo, dan mengubah wajah birokrasi di DKI menjadi lebih melayani. Saya yakin Pak Jokowi sebenarnya punya visi yang kuat untuk membenahi birokrasi yang masih menjadi sumber korupsi ini. Tinggal apakah beliau, jika 2019 menang, akan menemukan jendral yang tepat untuk mengomandani perang ini, sebagaimana peperangan di infrastruktur, keuangan, energi, kelautan, urusan luar negeri, beliau periode ini sudah memiliki jendral yang sangat disegani.

Counter-balance-nya kelak bukan lagi tergantung kepada legislatif yang jauh lebih susah lagi untuk melakukan internal reformasi. Tetapi justru partisipasi publik melalui berbagai inisiatif untuk mengawal dan mengoreksi kebijakan anggaran berbasis teknologi informasi. Artinya, tanpa tergantung kepada proses politik yang sebentar lagi akan usai, publik bisa saling berjejaring untuk melawan korupsi bersama. UU KIP sudah membuka jalan. Anak bangsa semakin banyak yang jagoan teknologi informasi. Apakah pasca 2019 ini bangsa ini akan menggeliat bersama untuk mengenyahkan korupsi untuk selamanya?

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed