by

No Recharge, No Refuel

Prinsip kerja PLTMn adalah dorongan dan tarikan kutub magnet yang akan membuat rotor tetap bergerak (dengan sendirinya) hingga menghasilkan listrik bebas dan dapat disimpan dalam battre. Termasuk nantinya akan disimpan di dalam Battre Lithium Mobil Listrik. Itulah kenapa saya memprediksi tidak akan lama lagi akan tercipta sebuah teknologi Beyond Lithium entah apa namanya. Bisa jadi nanti akan disebut sebagai Teknologi Quantum.

Nah sekarang pertanyaan yang sama sebagaimana pada Lithium. Mineral apa saja yang dibutuhkan dan di mana memperolehnya?

Jika Lithium menggunakan bahan baku Nikel, Energi Quantum ini membutuhkan mineral2 LTJ (Logam Tanah Jarang) yang lebih rumit dan langka. Diantaranya adalah Y, La, Ce, Pr, Nd, Gd, Sc, Sm, Eu, Dy dan lain-lain. Dan yang mengejutkan lagi, aneka mineral ini adanya di sini. Ya! Di Tanah Air kita, Indonesia. Itulah kenapa Jokowi berencana akan menghentikan ekspor mineral mentah kita. Dan sebagai konsekwensinya, langkah itu akan diiringi dengan kegaduhan sampai isu pemakzulan

Jadi, bersiap-siaplah menyongsong masa depan era Energi Baru dan Terbarukan ini. Dan sekali lagi, Indonesia yang akan menjadi Mercusuarnya.

*FAZ*
#SILIT

Sumber : Status Facebook Fadly Abu Zayyan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed