Ngapain Habiskan Waktu dengan Gadget?

Realitas ini sungguh membingungkan. Karena ada semacam budaya yang sudah mengakar dan tumbuh pada masyarakat kita untuk menghabiskan waktunya ke dalam persoalan yang bukan urusannya dan justru rajin membaca opini yang jauh dari fakta. Hal ini juga mungkin yang menjadi penyebab tumbuh suburnya provokasi di dunia maya yang mengakibatkan konflik sosial di dunia nyata, termasuk mudahnya orang-orang yang minim literasi terdoktrin untuk melakukan perbuatan intoleran, radikalisme, dan sulit menerima realitas keragaman. 

Ini mencerminkan sebuah keadaan di mana fakta-fakta obyektif kurang berpengaruh dalam pembentukan opini publik dibandingkan emosi dan keyakinan pribadi. Karena di era post-truth, orang tidak lagi mencari kebenaran dan fakta melainkan afirmasi dan konfirmasi untuk menguatkan apa yang sudah menjadi keyakinannya. 

Hal ini juga yang menjadi penyebab kenapa pergerakan indeks pembangunan manusia kita sangat lambat, ditambah birokrasi yang tidak menyediakan ruang bagi sumber daya manusia kita untuk naik level. Kenapa? Karena mata dan telinga kita sehari-hari disibukkan dengan persoalan yang tidak substantif dan cenderung membodohi dengan tujuan mengurangi kompetisi.

Kompetisi itu berat kata mereka, biar kami saja

Sumber : Status Facebook Munawar Khalil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *