by

MOTHER OF SATAN, TATP Bahan Peledak Mematikan

Oleh: Wahyu Sutono

Sejak kemarin banyak yang bertanya tentang TATP atau “Triacetone Triperoxide” yang oleh beberapa pihak termasuk menurut Fadli Zon (FZ) dianggap sebagai bahan pembersih WC.

Bahkan FZ menyampaikan dengan congkaknya bahwa di era Revolusi Industri 4.0 itu harus bisa membedakan antara bahan peledak dengan bahan pembersih WC.

Singkatnya begini ya Zon.. dari berbagai sumber dan literatur yang penulis pelajari, belum pernah ada bahan pembersih WC yang menggunakan Aseton peroksida (Acetone peroxide). Karena umumnya pembersih WC hanya mengandung bahan asam aktif asam klorida atau hydrochloric acid (HCL) yang berguna untuk melarutkan kerak kotoran.

Sedangkan TATP yang juga dijuluki sebagai “Mother of Satan,” justru kerap ditemukan saat penggeledahan terduga teroris. Salah satunya saat penggeledahan jaringan JAD di Bekasi pada Mei 2019.

Lalu termasuk yang dipakai dalam rangkaian bom gereja Surabaya pada tahun 2018. Hal ini pun ditemukan sama di beberapa negara, khususnya ISIS.

TATP adalah senyawa peroksida yang sangat mudah meledak, dan hampir semua senyawa peroksida mudah meledak, selain memiliki daya ledak yang cukup tinggi atau “high explosive,” dan hanya dengan guncangan atau panas saja sudah bisa meledak sendiri.”

Jadi jangan pernah main-main dengan TATP, karena risikonya sangat besar. Satu hal lagi, bahwa Polri, khususnya Tim Densus 88 sudah sangat hapal dengan benda-benda seperti itu. Jadi masyarakat tak perlu meragukan Polri. Lagipula semua tindakan ada SOP-nya.

Bravo Polri

(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed