by

Minoritas yang Memperjuangkan Mayoritas

Oleh : Erwin Rabbani

Saya membanggakan tentang dia karena dia menjadi seorang pejuang – sejak sebelum pilkada sampai dia kalah dan bahkan di penjara. Dia terus dan tetap berjuang, berperang dengan nilai-nilai penuh kemuliaan. Bahkan dia kalah ketika berjuang dalam koridor kebenaran. Jadi ukuran buatnya adalah isi dan hakikat. Esensi.

Lihatlah Ahok, ada integritas di sana. Ada kejujuran, ada keberanian, ada pengorbanan. Itu semua ada dalam dirinya. Maka inspirasi dari manusia yang menekuni hidupnya dengan isi kehidupan tak akan pernah usai.Kemenangan kemasan ada batas waktunya, tapi bobot dan isinya akan melintasi masa, bahkan ketika sosoknya telah tiada kelak.

Manusia yang memenangkan hidupnya karena menjalaninya dengan isi kehidupan – padanya melekat sebuah sejarah. Bahkan penjarapun malah membuatnya besar. Lihatlah Bung Karno, lihatlah Hatta, lihatlah Mandela dan lainnya …Lalu Ahok yang juga ada dalam barisan itu..Dan yang terpenting dari semuanya dari orang-orang seperti itu – banyak nilai, pesan dan makna kehidupan yang bisa dipelajari orang lain.

Melihat orang-orang seperti mereka, kursi dan jabatan tak utama lagi. Air matanya bahkan menghapus luka orang lain. Orang-orang itu tak bertanya lagi.Mungkin dia bingung dengan jawaban saya yang panjang lebar, atau tak paham – tapi bisa jadi dia tengah merenungkannya. Siapa tahu dia berubah.Jadi kesetiaan saya menikmati sikapnya itu bukan soal Ahok-nya pribadi, tapi pada nilai-nilai kebenaran, prinsip hidup mulia, bahkan manajemen kehidupan yang unggul – yang terselip di berbagai orbit kehidupan yang dilakoninya.

#VeryInspiring

Sumber : Status Facebook Erwin Rabbani

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed