by

Menolak Lupa Kerusuhan Mei 1998

Oleh : Dina Wandito

Tulisan ini bukan bermaksud membuka luka lama. Tapi untuk mengingatkan kita, bahwa pernah ada peristiwa kelam, yg merupakan sejarah terburuk di Indonesia.Kerusuhan Mei 1998 adalah kerusuhan rasial terhadap etnis Cina yg terjadi di Indonesia pada 13 – 15 Mei 1998, khususnya di ibu kota Jakarta dan beberapa daerah lain.

Kepanikan, kekacauan, pembakaran, pemerkosaan/bebasnya tindakan asusila, serta diskriminasi ras, terjadi secara mengerikan pada minggu tersebut.Ketika itu saya kerja di harian ekonomi Bisnis Indonesia, Slipi. Persis disebelah Slipi Jaya. Dari kaca lantai 5, kami bisa melihat Slipi Jaya dibakar. Padahal masih banyak orang2 di dalam. Yg tidak bisa menyelamatkan diri: kebakar. Ngeriii..

Belum lagi ruko2 dan toko2 sekitar yg dibakar. Ketika itu Jakarta sangat mengerikan. Asap di mana2, penjarahan di mana2. Saya stress..muntah2. Trauma berlangsung cukup lama. Ter bayang2 terus.Yg paling menyedihkan untuk saya: kasus Ita Martadinata. Gadis cantik 18 th yg diperkosa habis2an. Tapi tetap hidup dan menjadi penyintas/survivor. Ita dan empat penyintas lain bermaksud memberi kesaksian pada Konggres USA.

Tapi Ita dibunuh secara kejam pada 9 Oktober 1998. Ini merupakan ancaman: jangan coba2 menyingkap kerusuhan Mei 98.RIP Ita, namamu abadi. Dan yg jahat padamu pasti mendapat ganjaran dari Tuhan YME. AamiinBanyak yg mau men coba2 membuat kerusuhan seperti Mei 98, tapi keburu dipatahkan aparat. Amit2..jangan sampai terulang ya. Bersatulah kita, apapun suku, agama, rasmu. Kita satu, INDONESIA.

Sumber : Status Facebook Yongky Mattita Lestuny

#KerusuhanMei98#Kerusuhanrasial#jangansampaiterulang#SatuIndonesia

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed