by

Menjadikan Abu Janda Sebagai Ronin

Kita tidak tahu, dalam semangat melawan kelompok intoleran, jebakan apa lagi yang akan dilakukan oleh para lawan Permadi, seperti dalam kasus ucapan “Islam Arogan”. Jebakan-jebakan seperti ini, jika berhasil, bukan hanya bisa digunakan untuk menyudutkan Permadi, juga bisa menyasar Banser secara khusus dan NU secara umum sebagai titik bidik. Permadi sendiri pontang-panting meminta maaf kepada para kyai, gus, dan pengurus NU/Banser.
Ke depan mungkin akan banyak jebakan dengan segala variannya; menyiapkan para ronin (samurai tanpa tuan/tanpa afiliasi organisasi) yang tak mudah termakan jebakan adalah salah satu siasat yang bisa dilakukan. Menurutku, Permadi bisa saja menjadi prajurit penjaga benteng yang mudah dijebak, tapi dia bisa menjadi seorang ronin yang hebat.
Aku yakin, Permadi tetap bisa melawan kelompok intoleran di Medsos, bahkan jauh lebih bebas, lebih keras karena tak terikat “tata krama” organisasi kalau dia tak memiliki afiliasi. Deny Siregar, Eko Kutandi, Ade Armando, dll sejauh ini efektif melakukan perlawanan terhadap intoleransi dan meneguhkan kebhinekaan justru karena mereka adalah para ronin yang tak memiliki afiliasi dengan organisasi manapun. Tabik.
Sumber : Status Facebook Makinuddin Samin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed