by

Menilai Dalih Dahnil Anzar Tentang Pemeriksaan Dirinya

Saya pernah wawancara audit dengan orang yang datang baik-baik ke ruang pemeriksaan, menjawab dengan lancar dan kemudian segala sesuatu berjalan sempurna. Tapi ya pernah juga ada orang yang diwawancara dengan defensif bahkan dia jadi lebih agresif; menantang berkelahi, marah-marah dan menolak hadir bahkan ada juga yang mencoba mengaburkan barang bukti. Padahal mereka juga ya belom tentu terbukti bersalah dalam pemeriksaan. Buktinya mereka yang defensif itu ternyata ya baik-baik saja sampai sekarang, sekalipun yang terbukti korup juga banyak.

Artinya,kalau memang baru diminta jadi saksi, ya sudah jadilah saksi yang baik. Hadiri permintaan penyidik dan jawab saja pertanyaannya secara pas gak perlu over reacted dulu untuk mengembalikan dana atau membawa-bawa institusi yang kita sebut “sedang mau dihancurkan” atau “ada operasi zionis” -seperti yang dikatakan kader PKS beberapa waktu lalu saat LHI kena masalah sebagai katalis kegelisahan kita. Karena kita memang belum tentu salah.

Membawa-bawa hal lain diluar substansi pemeriksaan selain gak relevan juga berpotensi memalukan jika ternyata apa yang kita lakukan -dan kini sedang diperiksa-ternyata sebetulnya terbukti memang bermasalah dan evidence-nya kelak muncul di pengadilan.

Jadi sebaiknya kita semua jangan bereaksi berlebihan.

Sumber : Status Facebook Khairun Fajri Arief

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed