by

Mengapa Ucapkan Selamat Natal Itu Boleh?

Kalau Islam saja menghormati tempat peribadatan Kristiani untuk tidak dihancurkan meski dalam kondisi perang, apa lagi kalau cuman hari perayaan, yang dengan itu turut mendoakan agar mereka berbahagia dengan hari raya mereka.

Kalau dikatakan, Nabi Muhammad saw tidak pernah mengucapkan selamat Natal meski dimasanya hidup bersama dengan warga Madinah yang Nasrani, itu karena budaya dan kebiasaan yang berbeda dengan kita di tanah air. Ini masalah muamalah, yang dicari dalil pelarangannya. Jadi pertanyaannya, apakah ada pelarangan dari Nabi saw yang melarang umat Islam mengucapkan selamat Natal? Jawabannya jelas tidak ada. Yang ada, adalah larangan untuk bertasyabbuh, dan apakah sekedar mengucapkan selamat Natal, berarti meniru-niru kebiasaan dan tata cara peribadatan Kristiani? kan tidak juga. Sebab ucapan selamat, adalah ucapan doa, ucapan pengharapan, dan seorang mulim tidak dibatasi untuk mendoakan hanya pada sesama muslim. Sebagai agama rahmatalil ‘alamin, jelas doa seorang muslim juga seharusnya mencakup untuk non muslim.

Walhasil, bagi yang masih ragu, antara mengucapkan selamat natal atau tidak, jika anda punya saudara, kolega, rekan kerja, teman lama, tetangga, atau siapapun yang punya hubungan dekat dengan anda dan merayakan Natal hari ini, jagalah kedekatan anda dengannya dengan tanpa ragu mengucapkan selamat Natal. Sebab tentu anda berharap mereka aman-aman saja menuntaskan hajat mereka di hari yang mereka yakini sebagai hari raya. Jika dalam kehidupan anda, tidak ada seorangpun Kristiani yang anda kenali dan tidak berhubungan dengan anda, tidak usah ucapkan selamat Natal. Cukup doakan bangsa ini tetap terjaga kerukunannya.

Kata Cak Nun, tugas Nabi itu berat, disuruh Allah untuk sampaikan amanat bahwa dirinya adalah utusan Allah. Artinya besar kemungkinan dituduh geer dan sejenisnya. Maka beliau menyampaikan dan meyakinkan umatnya dengan akhlaknya.

So, percayakah anda, sekiranya Nabi Muhammad saw hidup sekarang dan berada di bumi nusantara, ia akan berada dibarisan kelompok yang melarang-larang ucapan selamat Natal dan mengkafirkan yang mengucapkannya?

Salam damai di hari Natal….

Sumber : Status Facebook Ismail Amin Pasannai

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed