by

Mengapa Orang Eropa Tidak Tertarik Surga?

Ada kecemburuan. 
 
Tapi rasa takutnya yang menghalangi dia sendiri untuk hidup bahagia. “Gua udah ngumpulin bekal buat ke surga nanti. Tiap hari gua ndekem di rumah ibadah, komat-kamit seharian, tiap hari, selama bertahun-tahun. Pahala gua udah banyak. Tapi kenapa gua gelisah mulu, yak? Kenapa makin hari gua makin ragu sama iman gua sendiri? Kenapa ajaran yang gua anut makin lama makin nggak masuk akal? Kenapa makin lama ibadah gua makin kerasa hambar, yak?”
 
Kegelisahan ini dirasakan oleh orang-orang beriman yang sudah mendekati akhir hidupnya. Bukannya lebih tenang dan menikmati hidup, tapi malah semakin gelisah dan pemarah. Perasaan kesal bercampur aduk, antara menyesal tidak melakukan apa yang mereka pengen lakukan ketika muda, dengan perasaan “sudah terlanjur melakukan kesia-siaan sepanjang hidupnya, jadi sekalian ajalah berdelusi sampe mati.” Begitu pikirnya.
 
Pelampiasannya, mereka akhirnya membenci orang-orang yang bebas, orang-orang yang menikmati hidupnya, dan menjadi diri sendiri. Akibat rasa cemburu/iri tadi. 
 
Orang-orang beriman ini pengen orang lain juga merasakan penderitaan dan rasa kecewanya terkungkung dalam dogma selama puluhan tahun. Makanya mereka merasa lebih tenang kalo hidup di antara “korban penipuan” dogma lainnya. Merasa senasib. Padahal dalam hati mendambakan kebebasan mereka yang nggak beriman.
 
Buat yang sudah terbebas dari dogma, saya ucapkan, “Selamat menikmati hidup yang luar biasa indahnya ini.” Buat yang belum, semoga mendapatkan hidayah. 
 
Nggak ada kata terlambat untuk memulai/menikmati hidup. Nggak ada kata terlambat untuk berpikir. Berpikirah mulai sekarang. Pertanyakan hal-hal yang ditanamkan orang tua kalian dulu. Nggak usah takut berpikir. Nggak ada ceritanya orang O.D karena kebanyakan mikir. Nggak ada ceritanya otak jatuh karena kita berpikiran terbuka.
 
Hidup itu indah, kawan. Hiduplah, sekarang.
 
Sumber : Status Facebook Andrey Abad

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed