by

Mencerna Pernyataan Gusmen

Oleh : Alto L

Gw penasaran dengan berita yang berseliweran tentang pernyataan GusMen Yaqut Cholil Qoumas yang katanya melakukan penistaan agama. Akhirnya gw mencari video utuhnya.Setelah menonton seluruh pernyataan GusMen gw menemukan bahwa tidak ada yang bermasalah dengan substansi dari pernyataan GusMen. Secara teknis, substansi pernyataan GusMen adalah soal kebisingan yang mengakibatkan ketidaknyamanan. Itu, dan bukan soal lain.

Soal kebisingan yang menyebabkan ketidaknyamanan ini pun punya landasan hukum. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 48 Tahun 1996 Tentang : Baku Tingkat Kebisingan. Di permen ini jelas. Kebisingan adalah bunyi yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan; Tingkat kebisingan adalah ukuran energi bunyi yang dinyatakan dalam satuan Desibel disingkat dB; Baku tingkat kebisingan adalah batas maksimal tingkat kebisingan yang diperbolehkan dibuang ke lingkungan dari usaha atau kegiatan sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan.

Bunyi kendaraan bermotor yang juga dipakai sebagai contoh oleh GusMen? Ada juga aturannya. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009 di dalamnya disebutkan bahwa motor berkubikasi 80-175 cc, tingkat maksimal kebisingan 80 dB, dan untuk motor di atas 175 cc maksimal bising 83 dB.Bagaimana dengan binatang peliharaan yang diambil sebagai contoh? Ada juga aturannya. Pasal 490 KUHP bahkan mengatur hukuman bagi orang yang lalai dengan binatang peliharaan.

Jadi, secara substansi, ya tidak ada unsur penistaan agama dalam pernyataan spontan yang diungkapkan GusMen. Btw, jangankan anjing-anjing yang menggonggong, nyamuk seekor yang terbang di telinga aja pasti bikin kesel, atau tikus yang lari di plafon bisa bikin emosi, apalagi kalau ada kucing minta kawin di rumah tetangga. Bisa gila!

Sumber : Status Facebook Alto L

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed