by

Meluruskan Hoax Jilbab Kartini

Oleh : Shuniyya Ruhama

Beberapa tahun belakangan, kita disuguhi gambar potret Ibu Kartini dengan memakai jilbab dan berkacamata.Diberi narasi yang begitu meyakinkan bahwa gambar itulah yang asli. Adapun yang beredar saat ini adalah foto editan dari kaum sekuler. Mari kita cermati fotonya saja dulu. Jelas sekali jika jilbab yang dipakai adalah hasil crop lalu ditempel ke kepala. Akan tampak tidak simetris dan kurang halus. Juga pada bagian bawah dagu, untuk menyamarkan editan, diberi blur.

Kalau biasa pegang program untuk mengedit foto akan segera tahu tanpa penjelasan mendetail lagi.Berikutnya, keanehannya ialah Ibu Kita Kartini memakai kacamata. Memang kacamata sudah ada sejak lama. Namun, model itu ada jamannya. Dari model yang dipakai akan ketahuan periode tahunnya. Untuk yang seangkatan atau lebih muda saja kita kenal kacamata yang dipakai Bung Hatta, dan Bapak WR Supratman.

Generasi yang lebih muda kita kenal model kacamata perempuan yang dikenakan oleh Ibunda HR Rasuna Said. Bandingkan dengan yang dikenakan Ibu Kartini yang terlalu modern untuk modelnya.. Juga akan tampak editannya tidak sinkron di bagian ujung yang dipakai di telinga. Jadilah generasi cerdas. Jangan grusa grusu menyebarkan hoax yang tidak pada tempatnya. Ibu Kartini tetap seorang Muslimah sholihah dan cerdas luar biasa sekalipun tanpa jilbab.

Kita wajib berterimakasih kepada pemikiran beliau yang begitu dahsyat. Kita juga wajib bersyukur kepada Tuhan karena dikaruniai seorang perempuan ajaib seperti beliau..Salam cinta Indonesia

Sumber : Status Facebook Shuniyya Ruhama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed