by

Mau Untung malah Buntung

Oleh: Denny Siregar

Barusan tutup telpon dari temanku yang dulu minta saran tentang bisnis uang Crypto. Ternyata dia pertaruhkan juga semua uangnya disana, karena tergiur keuntungan yang diceritakan temannya. Nyangkut dong.

Dia beli di posisi atas banget, sedangkan rata2 uang Crypto lagi pada ambruk. Nada suaranya memelas, pinjam uang untuk bertahan hidup..

Saya pernah bilang padanya, hati2. Kamu pemula banget. Kamu ga paham bisnisnya, jangan langsung bertaruh. Itu judi namanya. Trus dia bilang, “tapi kata temanku gak akan rugi kok, kalau gak di jual ?” Saya ketawa, “Iya, memang gak rugi. Tapi mau kamu pertahankan berapa lama sebelum dijual ? Setahun ? 5 tahun ? Trus kamu mau makan apa selama 5 tahun ?”

Saya ketawa karena keluguannya..Nilai hampir semua mata uang Crypto memang lagi anjlok. Bukan karena Elon Musk aja, tapi karena China melarang seluruh perdagangan uang Crypto di negaranya. China memang punya pengaruh kuat banget disini. Dari total penduduk dunia yang berjumlah 7 milyar orang, penduduk China sendiri ada 1,4 milyar.

Pasti pemerintah China gak maulah penduduknya yang besar jadi mangsa kapitalisme global.Sebagai contoh, Google gak bisa masuk ke China. China pintar. Mereka pede karena penduduknya banyak. Mereka ciptakan infrastruktur sendiri mirip Google bernama Baidu. Itu contoh bagaimana China begitu protektif dgn asset terbesarnya, yaitu jumlah penduduk.

Dan ketika China mulai main larang melarang, ya anjloklah langsung uang2 Crypto itu. Terjadi aksi lepas besar2an di China, karena siapa yang mau pegang uang yang gak bisa dibelanjakan di China ? Buat China, uang Crypto yang sekarang gada fundamentalnya. Penuh spekulasi dan berbahaya. Makanya sama China dilarang.

China mungkin mau bikin uang digital sendiri untuk rakyatnya. Tapi gada masalah, karena dijamin oleh pemerintahnya. Kalau Crypto yg sekarang, kalau ada apa2, amblas gak jelas siapa penjaminnya.Langkah China ini mungkin akan diikuti oleh banyak negara. Mereka akan ciptakan uang digital sendiri2.

Kalau itu terjadi, uang Crypto yang beredar sekarang bisa gada harganya, karena dihajar peraturan2 di masing2 negara. Habislah yang tanam uang dan bermimpi mau cuan 5 tahun mendatang..Bahaya memang kalau kita main di wilayah Crypto ini kalau ga paham peta globalnya. Yang untung tetap bandar besar.

Mereka beli di harga murah dalam jumlah banyak banget, lalu tiupkan isu2 supaya orang tergiur dan beli dengan nilai tinggi, lalu keluar dengan untung sangat besar. Elon Musk aja cuman beberapa bulan untungnya 1,4 triliun rupiah. Dia ketawa ngakak, yang nangis banyak. Begitulah kapitalisme bekerja..

Ah, entahlah. Semua orang punya ceritanya masing2. Ada yang sekarang pamer2 keuntungan. Ada yang sesenggukan dipojokan karena uang belanjanya habis tersapu ombak besar.Aku pernah berkata pada anakku, “Kamu tahu apa investasi terbesar ? Investasi terbesar itu adalah dirimu sendiri. Sekarang nilaimu nol. Tapi ketika kamu mengasah passionmu dgn konsisten dan komitmen penuh, kelak orang akan menghargai dirimu dengan nilai yang besar. Tidak ada yang bisa menggoyahkan kemampuan yang sudah kau ciptakan..”

Ah, temanku yang sekarang menjadi anggota band The Nyangkuters, hati2 ya jangan sampe nama bandmu berubah jadi The Bangkruters..

Seruput kopinya dulu..

(Sumber: Facebook Denny Siregar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed