by

Mahalnya Ilmu

3. Ustadz Tahfizh Mudah Didapat

Untuk mendirikan lembaga tahfizh itu mudah sekali. Tidak butuh alat bahkan juga tidak butuh kitab. Cukup bermodal dua tiga orang penghafal Al-Quran, sudah cukup. Dan ketersediaan penghafal Al-Quran cukup berlimpah di negeri kita.

Kenapa berlimpah?

Karena menghafal Quran 30 juz untuk jadi guru tahfizh cukup singkat, tidak butuh masa pendidikan terlalu lama.

Cukup 3 tahun saja ikut tahfizh, tiba-tiba sudah jadi ustadz dan bisa ngajar tahfizh. Ini sebenarnya cukup lama. Beberapa teman malahan cuma mondok beberapa hari, tiba-tiba sudah hafal Quran.

So, SDM guru tahfizh itu tersedia banyak dan standar gajinya pun bisa diajak kompromi.

Beda dengan Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Minimal kudu kuasai kitab kuning dulu. Dan tidak semua ustadz yang banyak ceramah di youtube itu punya ilmunya. Kudu baca banyak kitab Tafsir karya para ulama. Pokoknya, mendapatkan SDM gurunya susahnya setengah mati.

Maka mendirikan lembaga tahfizh itu subur menjamur dimana-mana. Salah satu faktornya karena semua bisa serba instan.

Saya jadi ingat waktu zaman SD ikut pramuka. Saya diajari tata cara memasak dalam waktu 5 menit saja. Ternyata cuma masak mie instant. Semudah menyeduh mie instan, hanya butuh air panas, masukkan bumbu instan dan siap disantap. Anak kecil pun bisa mengerjakannya.

Sedangkan mendirikan institusi yang mengajarkan 80-an cabang Ilmu Al-Quran dan Tafsir, bukan perkara mudah. Dimana bisa kita dapatkan ustadz dan guru yang menguasainya? Jarang-jarang kita ketemu pakarnya. Susah sekali mendapatkannya.

Mereka itu masuk barang langka, tidak mudah menemukannya. Ilmu-ilmu Al-Quran itu harus kuliah bertahun-tahun untuk mempelajarinya.

Akhirnya pilihannya jatuh ke tahfizh lagi tahfizh lagi. Al-Quran hanya sebatas dihafal jadi ibadah ritual, tanpa pernah memahami ilmu dan konten isinya. Bagaimana mau memahami isi Al-Quran, kalau ustadznya pun tidak paham?

فاقد الشيء لا يعطيه

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed