Lompatan Bukan Sekedar Berlari

Dalam bidang ekonomi lontaran ide tentang implementasi creative hub terasa pas untuk dilakukan pada kota yang memang dikenal dari sejarahnya sebagai kota budaya, memiliki kemampuan SDA/produksi yang terbatas, dan memiliki potensi anak muda yang cukup banyak. Meski ide ini telah diupayakan dilakukan di beberapa kota lain di Indonesia, kota Solo yang kecil ini tentunya akan lebih pas jika mengadopsi konsep tersebut.

Khas anak muda yang selalu up to date, dan bersemangat, meski terkesan terburu-buru dan kurang sabar, anak muda milennial memang lebih memahami tantangan disrupsi di era 4.0 ini, tawaran solusi yang visioner namun dapat ditempuh dengan cara-cara yang sederhana memang yang menjadi kelebihan…contohnya berbisnis cukup dengan memaksimalkan HP dan media sosial…

Era pandemi yang mengalihkan bisnis dari offline menjadi online memang perlu digarap secara serius. Tidak hanya sekedar online dan listing di market place saja namun detail mengenai branding, marketing, performance listing telah dikemukakan, apalagi sebagai pemilik salah satu bisnis start up tentunya detail-detail yang diperlukan dalam bertransformasi untuk menembus dunia online yang borderless akan menjadikan peluang kota Solo tersebut menjadi Kota perdagangan yang berpengaruh bukan hanya di dalam negeri bisa jadi sampai mancanegara dengan aplikasi “channel manager” yang saat ini biasa digunakan oleh negara-negara maju dalam upaya meningkatkan ekspor.

Konsep-konsep modern, dengan metode creative hub, sharing economy, green environment, bike sharing, wellness tourism, big data jika benar-benar dapat di implementasikan tentunya akan dapat mewujudkan kota Solo benar-benar menjadi Smart City yang menjadi percontohan.

PR dan tantangan besar nantinya tentunya pada tataran implementasi atas Lompatan ide-ide yang dikemukakan…

Meski masih ada tahapan pemilihan Pilkada nantinya namun jika melihat sekilas dari debat Pilkada ini tentunya bagi warga kota yang masih “bernalar sehat” tidak akan kesulitan dalam memilih dan menentukan calon Pemimpinnya..

Untuk implementasi dari konsep-2 yang diutarakan tersebut…
dukungan dari legislatif yang kuat dan dari Pemerintah pusat yang sepertinya mulus, akan menjadi pembuktian bahwa Sosok ini hanyalah biasa saja atau memang sebenarnya Luar Biasa..

Sumber : Status Facebook Puguh Tri

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *