by

Leadership Not How To Control People But To Inspire The People

Oleh : Arya Hadi Darmawan

Hal-hal inspiratif-innovatif apa saja yang telah dan sedang ditunjukkan oleh Bakal Calon Presiden pilihan anda untuk Capres 2024, sehingga ia layak dipilih warga masyarakat? Mari kita belajar dari masa lalu. Kita flashback sejenak kepada tujuh Presiden RI sepanjang kemerdekaan RI yang telah berjasa bagi negeri ini.

Presiden RI Soekarno diantaranya dikenal dengan slogan “Go to Hell with your Aid” yang meneguhkan kemandirian di masa awal kemerdekaan, termasuk dalam membangun Gelora Senayan (kini Gelora Bung Karno) serta Jembatan Ampera Palembang, yang dikenal megah hingga kini.

Presiden RI Soeharto di antaranya dikenal dengan pembangunan SD Inpres di setiap desa di seluruh Indonesia, Puskesmas di setiap Kecamatan di seluruh Indonesia, serta transmigrasi di Sumatera, Kalimantan, hingga Papua. Semua hasilnya, hingga kini terus dinikmati warga.

Presiden RI BJ Habibie diantaranya dikenal dengan innovasi teknologinya yang membuat Indonesia memiliki perusahaan-perusahan strategis seperti PT. DI yang menghasilkan pesawat, PT. PAL yang menghasilkan kapal, PT. Pindad yang menghasilkan senjata. Semua hasilnya, hingga kini terus dinikmati warga.

Presiden Gus Dur diantaranya dikenal dengan innovasi pluralisme sosio-budaya yang membuat warga Indonesia tidak terkotak-kotak dalam sekat ciri-identitas agama/warna-kulit/asal-usul/etnisitas. Hingga kini, hasilnya dinikmati warga.

Presiden Megawati diantaranya dikenal dengan innovasi pembentukan lembaga anti-rasuah yang kemudian dikenal dengan KPK untuk pemberantasan korupsi. Hingga kini, keberadaan KPK sangat disyukuri bagi warga NKRI.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diantaranya dikenal dengan innovasi penjaminan keamanan sosial yang kini dikenal luas sebagai BPJS di kalangan warga. Keberadaan BPJS sangat disyukuri warga hingga kini.

Presiden Joko Widodo diantaranya dikenal dengan innovasi infrastruktur. Pembangunan bendungan, bandara, pelabuhan, dan jalan tol digencarkan. Karya yang dikenang adalah jaringan jalan tol Trans-Sumatera yang menghubungkan ujung utara hingga ujung selatan Pulau Swarnadwipa, serta jaringan Trans-Jawa di Pulau Jawa. Di Jaman Presiden Jokowi juga dimulai era transportasi kereta modern dengan pembangunan MRT (kereta bawah tanah) di Jakarta dan LRT di Jabodebek serta Kereta Cepat pertama kali di Indonesia. Semua itu dirasakan manfaatnya oleh warga hingga kini.

Jika anda akan memilih bakal calon presiden 2024

1. Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng)

2. Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta)

3. Andika Perkasa (Panglima TNI)

4. Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan RI)

5. Puan Maharani (Ketua DPR RI)

6. Erick Thohir (Menteri BUMN RI)

7. Ridwan Kamil (Gubernur Jabar)

8. Bu Tri Rismaharini (Menteri Sosial RI)

9. Bu Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim)

10. dll..

Inspirasi apa saja yang anda ketahui dan telah didapatkan dari mereka di atas yang bisa dishare ke publik hingga saat ini. Dengan inspirasi itu, sehingga publik mempunyai dasar yang kuat untuk memilih salah satu dari mereka sebagai Capres RI 2024?

Sebaliknya, catatan kritis apa yang bisa dicatat dari mereka sehingga menjadi pelajaran kita bersama?

Monggo ditunggu…

Salam pagi

Sumber : Status Facebook Arya Hadi Dharmawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed